Abidin, Ahmad Zainul (2017) Pengembangan permainan lempar tangkap ceria pada pembelajaran bola kecil untuk siswa kelas IV SDN Tegalweru Kabupaten Malang / Ahmad Zainul Abidin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Abidin Ahmad Zainul. 2016. Pengembangan Permainan Lempar Tangkap Ceria pada Pembelajaran Bola Kecil Untuk Siswa Kelas IV SDN Tegalweru Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) I Nengah Sudjana S.Pd. M.Pd. (II) Usman Wahyudi S.Pd. M.Pd Kata Kunci Pengembangan Permainan Lempar dan Tangkap Ceria. Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar paling tepat diajarkan menggunakan metode bermain dalam penyampaian materi karena bermain adalah aktivitas yang disukai anak. Salah satu kompetensi dasar pendidikan jasmani yang diberikan dan diajarkan pada siswa kelas IV Sekolah Dasar berdasarkan Kurikulum 2006 kelas IV SD/MI adalah mengenai materi pembelajaran bola kecil. Berdasarkan data analisis kebutuhan yang diperoleh peneliti dari penyebaran Angket yang diberikan kepada guru Pendidikan Jasmani dan siswa kelas IV di SDN Tegalweru Kabupaten Malang menunjukkan bahwa 1) Guru Pendidikan Jasmani Olahraga pernah mengajarkan permainan lempar tangkap bola untuk materi bola kecil 2) permainan bola kecil yang dimainkan yaitu permainan kasti 3) permainan lempar tangkap bola yang dimainkan belum bisa diterima siswa secara maksimal 4) guru merasa perlu adanya pengembangan permainan lempar tangkap bola kecil dalam pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan permainan lempar dan tangkap untuk pembelajaran bola kecil. Sekaligus menguji kelayakan produk hasil pengembangan dan hasil pengembangan yang dikemas dalam bentuk buku panduan permainan. Prosedur penelitian yang digunakan adalah merujuk pada buku Borg Gall yang telah dimodifikasi peneliti sesuai dengan pendapat Ardhana dari 10 langkah menjadi 7 langkah yaitu (1) analisis kebutuhan (2) pembuatan produk awal (3) uji coba kelompok kecil (4) revisi produk (5) uji coba kelompok besar (6) revisi produk dan (7) hasil akhir produk sehingga penelitian ini hanya pada tahap pembuatan produk akhir belum sampai pada tahap uji keefektivan produk. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif berupa persentase. Hasil penelitian dan pengembangan dari evaluasi ahli permainan diperoleh hasil 82 5% artinya cukup valid dari evaluasi ahli pembelajaran diperoleh hasil 87 22% artinya cukup valid dan dari ahli media diperoleh hasil 92 10% sangat valid sehingga produk ini perlu direvisi sebelum diujicobakan pada kelompok kecil. Pada uji coba kelompok kecil dengan jumlah 10 siswa diperoleh hasil 90 97% artinya sangat valid tanpa ada revisi sehingga dapat diujicobakan pada kelompok besar. Pada uji coba kelompok besar dengan jumlah 30 siswa diperoleh hasi 87 45% sehingga disimpulkan jika produk ini sangat valid dan layak untuk digunakan oleh Siswa Kelas IV SDN Tegalweru Kabupaten Malang. Pengembangan permainan lempar tangkap Ceria pada pembelajaran bola kecil di SDN Tegalweru Kabupaten Malang dikembangkan dengan tujuan agar dapat meningkatkan minat dan ketertarikan siswa dalam pembelajaran lempar dan tangkap pada materi pembelajaran bola kecil dan sekaligus sebagai referensi sumber belajar bagi guru pendidikan jasmani kesehatan dan olahraga dalam memberikan materi pembelajaran bola kecil.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50317 |
Actions (login required)
View Item |