Evaluasi pelaksanaan kurikulum 2013 pada matapelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMPN 6 Malang dengan menggunakan analisis SWOT / Suhardiyantoro Adhitya Wardhana - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi pelaksanaan kurikulum 2013 pada matapelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMPN 6 Malang dengan menggunakan analisis SWOT / Suhardiyantoro Adhitya Wardhana

Wardhana, Suhardiyantoro Adhitya (2017) Evaluasi pelaksanaan kurikulum 2013 pada matapelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMPN 6 Malang dengan menggunakan analisis SWOT / Suhardiyantoro Adhitya Wardhana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Adhitya Wardhana Suhardiyantoro. 2015. Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum 2013 pada Matapelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMPN 6 Malang dengan Menggunakan Analisis SWOT. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Universitas Negeri Malang (1) Dr. Asim M.Pd. (2) Drs. Heru Widijoto M.S. Kata Kunci Evaluasi Kurikulum 2013 Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Analisis SWOT. Pembelajaran merupakan suatu sistem dengan komponen yaitu Komponen tersebut adalah tujuan materi kegiatan dan evaluasi. Sistem pendidikan di Indonesia saat ini berlaku kurikulum 2013. Pada kenyataannya belum semua sekolah dapat melaksanakan program kurikulum 2013 tersebut. Kendala tersebut disebabkan banyak faktor yang mempengaruhinya. Untuk mengetahui permasalahan tersebut harus dilakukan evaluasi program kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program kurikulum 2013 ini serta mengetahui kendala-kendala yang ada dalam tahap implementasinya. Kurikulum 2013 memiliki 8 standar yaitu standar isi standar penilaian pendidikan standar proses standar kompetensi lulusan standar pendidik dan tenaga kependidikan standar sarana-prasarana standar pembiayaan dan standar pengelolaan. Penelitian ini menggunakan model penelitian evaluasi Nasution (2010 90) ada 5 langkah yakni 1) merumuskan tujuan evaluasi 2) mendesain proses dan metodologi evaluasi 3) menspesifikasi data yang diperlukan untuk menyusun instrumen bagi proses pengumpulan data 4) mengumpulkan menyusun dan mengolah data dan 5) menganalisis data dan menyusun laporan mengenai hasil-hasil kesimpulan dan rekomendasi. Untuk teknik analisisnya menggunakan analisis SWOT yang dapat memilah kekuatan program kelemahan program peluang program dan ancaman bagi program yang dijalankan. Berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan kurikulum 2013 di SMPN 6 Malang pada standar isi sudah berjalan sangat baik. Standar penilaian berjalan sangat baik. Standar proses berjalan sangat baik. Standar kompetensi lulusan berjalan baik. Standar pendidik dan tenaga kependidikan berjalan sangat baik. Standar sarana dan prasarana berjalan sangat baik. Standar pembiayaan berjalan cukup baik dan standar pengelolaan berjalan sangat baik. Implementasi kurikulum 2013 berjalan baik karena pihak sekolah sangat mendukung kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50316

Actions (login required)

View Item View Item