Fachrudin, Achmad (2017) Pengembangan video pembelajaran peraturan permainan kasti bagi siswa kelas VII SMP Negeri 18 Malang / Achmad Fachrudin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Fachrudin Achmad. 2016. Pengembangan Video Pembelajaran Peraturan Permainan Kasti Bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 18 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Siti Nurrochmah M.Kes (II) Usman Wahyudi S.Pd M.Pd. Kata Kunci video pembelajaran permainan kasti smp Berdasarkan penelitian awal melalui observasi yang dilakukan peneliti melalui pada pembelajaran permainan kasti di SMP Negeri 18 Malang diperoleh temuan (1) saat permainan kasti berlangsung siswa masih sering bertanya (2) pemukul setelah memukul bola meletakkan kayu pemukul semaunya sendiri bahkan dilemparkan dan sampai dibawa lari (3) regu penjaga tidak tahu bagaimana cara membakar ruang bebas (4) permainan sering dihentikan karena permainan menjadi kacau. Sedangkan berdasarkan hasil wawancara dengan guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan terkait pembelajaran kasti diperoleh temuan (1) saat permainan kasti berlangsung siswa aktif dan antusias dalam permainan kasti (2) dalam memberikan peraturan permainan kasti guru hanya memodifikasi dengan aturan bila regu pemukul tiga kali tidak bisa memukul maka terjadi pergantian penjagaan (3) Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan juga memerlukan reverensi yang menjelaskan tentang permainan kasti. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menemukan solusi dari permasalahan yaitu dengan mengembangkan video pembelajaran peraturan permainan kasti yang mudah dipelajari mudah dipahami dan sangat jelas sebagai sumber belajar siswa SMP Negeri 18 Malang dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Model yang digunakan dalam penelitian ini berupa model prosedural dengan langkah-langkah pengembangan merujuk pendapat Borg and Gall. Langkah dalam penelitian ini menggunakan 7 langkah. Jenis data berupa data kualitatif data kuantitatif. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan prosentase. Produk pengembangan yang dihasilkan berupa video pembelajaran peraturan permainan kasti yang disertai buku panduan. Dari hasil evaluasi ahli media diperoleh persentase 99 22% ahli pembelajaran diperoleh persentase 95 16% ahli permainan bola kecil diperoleh persentase 87 12% ahli permainan diperoleh persentase 90 99% dan uji coba kelompok kecil (12 siswa) diperoleh persentase 87 63% dan pada uji coba kelompok besar (30 siswa) diperoleh persentase 92 75% sehingga produk dinyatakan valid dan layak digunakanpada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan berdasarkan dari evaluasi ahli serta uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar menyatakan video pembelajaran peraturan permainan kasti tepat digunakan pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan siswa kelas VII SMP Negeri 18 Malang pada materi pembelajaran permainan kasti. Dalam penyebarluasan produk diharapkan tidak hanya pada SMP Negeri 18 Malang tapi juga di SMP se Malang raya dan bahkan luar Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50315 |
Actions (login required)
View Item |