Pengembangan pembelajaran lompat jauh dengan metode bermain loncat katak bagi siswa kelas V SDN Gadang 3 Kota Malang / Susi Handayani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pembelajaran lompat jauh dengan metode bermain loncat katak bagi siswa kelas V SDN Gadang 3 Kota Malang / Susi Handayani

Handayani, Susi (2016) Pengembangan pembelajaran lompat jauh dengan metode bermain loncat katak bagi siswa kelas V SDN Gadang 3 Kota Malang / Susi Handayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Handayani Susi. 2015. Pengembangan Pembelajaran Lompat Jauh dengan Metode Bermain Loncat bagi Siswa Kelas V SDN Gadang 3 Kota Malang Jurusan PendidikanJasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. M. E. Winarno (2) Dr. Eko Hariyanto M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Metode bermain loncat katak Lompat jauh Lompat jauh merupakan pelajaran yang diberikan pada cabang olahraga atletik bagi siswa SD khususnya kelas V. Keterbatasan media pembelajaran dapat menghambat kegiatan belajar mengajar sehingga perlu digunakan media pembelajaran untuk mengatasi keterbatasan tersebut. Berdasarkan penelitian awal dan analisis kebutuhan yang sudah dilakukan peneliti di SDN Gadang 3 Kota Malang pada tanggal 4 November 2015diperoleh informasi bahwa (1) 79 6% siswa kelas V SDN Gadang 3 Kota Malang memerlukan adanya media tambahan untuk pembelajaran yaitu buku panduan (2) 81 3% siswa kelas V SDN Gadang 3 Kota Malang membutuhkan buku panduan untuk melatih kemampuan lompat jauh (3) 99 2% kelas V SDN Gadang 3 Kota Malangsetuju dengan adanya buku panduan pengembangan kemampuan lompat jauh. Oleh karena itu perlu adanya pengembangan pembelajaran lompat jauh dengan metode bermain untuk siswa kelas V. Produk yang dikembangkan berupa buku panduan dengan spesifikasi sebagai berikut (1) media pembelajaran berupa buku panduan yang meliputi aktifitas pembelajaran lompat jauh menggunakan metode bermain loncat katak (2) media pembelajaran ini dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi yang akan disampaikan (3) media pembelajaran dapat menimbulkan gairah belajar siswa. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan kemampuan lompat jauh dengan metode bermain loncat katak melalui media buku panduan bagiSiswa Kelas V SDN Gadang 3Kota Malang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (reseach and devlopment) dengan menggunakan tujuh dari sepuluh langkah prosedur pengembangan olehBorg and Gall. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan presentase. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari penyebaran angket. Dari hasil evaluasi uji coba kelompok kecil dengan menggunakan 10 siswa diperoleh persentase 84 2% dan pada uji coba kelompok besar dengan menggunakan 30 siswa diperoleh persentase 86 8% sehingga buku panduan lompat jauh menggunakan metode bermain loncat katak untuk kelas V SDN gadang 3 Kota Malang dapat digunakan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka saran yang dapat yang diberikan antara lainsebelum disebarluaskan sebaiknya produk yang telah dikembangkan ini dievaluasi kembali disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada. Selain itu subjek penelitian sebaiknya diperluas baik siswa maupun sekolah yang digunakan sebagai kelompok uji coba.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50306

Actions (login required)

View Item View Item