Debyanata, Ranca (2016) Upaya meningkatkan keterampilan pukulan drive tenis meja dengan menggunakan metode bermain pada siswa kelas VI di Sekolah Dasar Negeri Ngadirejo Kabupaten Probolinggo / Ranca Debyanata. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Debyanata Ranca. 2016. Upaya Meningkatkan Keterampilan Pukulan Drive Tenis Meja Dengan Metode Bermain Pada Siswa Kelas VI di Sekolah Dasar Negeri Ngadirejo Kabupaten Probolinggo. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Purnami M. Pd (II) Drs. Oni Bagus Januarto M.Kes. Kata Kunci Pembelajaran tenis meja bermain. Tenis meja merupakan salah satu cabang olahraga yang diajarkan dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan tingkat sekolah dasar. Permasalahan yang terjadi siswa kurang antusias mengikuti pembelajaran karena dalam pembelajaran tenis meja siswa kurang tertarik dikarenakan metode yang diberikan guru masih bersifat klasikal sehingga suasana pembelajaran kurang menarik minat siswa dalam mempelajari materi tenis meja. Kurang antusias yang dimaksud adalah siswa merasa pembelajaran yang diberikan guru kurang menarik sehingga siswa merasa malas dan kurang serius dalam mengikuti pembelajaran. Dari permasalahan tersebut maka diperlukan metode yang bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Oleh karena itu dilakukan upaya untuk meningkatkan keterampilan pukulan drive tenis meja siswa dengan menggunakan metode bermain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pukulan drive tenis meja sesuai dengan permasalahan yang terjadi pada pembelajaran di kelas VI SDN Ngadirejo Kabupaten Probolinggo peneliti ingin membenahi proses pembelajaran yang terjadi dengan mengubah metode klasikal yang digunakan guru dengan menggunakan metode bermain. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Tahapan dalam penelitian ini menggunakan tahapan menurut Suharsimi Arikunto Suhardjono dan Supardi yang terdiri dari 4 tahapan yaitu (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Pengamatan (4) Refleksi. Pada penelitian tindakan kelas ini memberlangsungkan 2 siklus dilaksanakan selama 6 kali pertemuan serta melibatkan subjek 10 siswa. Hasil dari penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan tentang keterampilan pukulan drive tenis meja dengan metode bermain pada pembelajaran tenis meja. Hasil penelitian tindakan diperoleh hasil (1) posisi awal terjadi peningkatan sebesar 26.7% (2) pegangan bet terjadi peningkatan sebesar 27.8% (3) posisi bet terjadi peningkatan sebesar 35.5% (4) perkenaan bola terjadi peningkatan sebesar 38.9% (5) gerak akhir terjadi peningkatan sebesar 26.6%. Kesimpulan dari hasil penelitian tindakan kelas yaitu siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan sangat baik menggunakan metode bermain. Saran bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan metode bermain dengan permainan yang lebih bervariasi dan sebagai alternatif dalam pembelajaran tenis meja.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Oct 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50305 |
Actions (login required)
View Item |