Prasetyo, Galih Evi (2016) Meningkatkan keterampilan sepak sila menggunakan variasi latihan bagi peserta ekstrakurikuler sepaktakraw di SMP Negeri 3 Srengat Kabupaten Blitar / Galih Evi Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Prasetyo Galih Evi. 2015. Meningkatkan Keterampilan Sepak Sila Menggunakan Variasi Latihan bagi Peserta Ekstrakurikuler SMP Negeri 3 Srengat Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. M. E. Winarno M.Pd (II) Drs. H. Sugiyanto M.Pd. Kata Kunci sepak sila bagian perbagian variasi latihan permainan sepaktakraw Permainan sepaktakraw adalah suatu permainan beregu yang dilakukan oleh tiga orang pemain masing terdiri dari tiga orang pemain yang bertugas sebagai tekong berdiri paling belakang dua orang lainnya menjadi pemain depan yaitu apit kiri dan apik kanan. Permainan sepaktakraw dilakukan di atas lapangan empat persegi panjang rata baik terbuka maupun tertutup serta bebas dari semua rintangan yang berukuran empat persegi panjang dengan ukuran 13 40 x 6 10 meter. Bola yang dipakai terbuat dari rotan atau plastik (synthetic fibre) permainan ini menggunakan seluruh bagian badan kecuali tangan yang mayoritas menggunakan kaki. Setiap regu saling berhadapan dipisahkan oleh jaring (net) yang membentang membelah lapangan menjadi dua bagian setinggi 1 55 dengan lebar 72 cm dan lubang jaring sekitar 4-5 cm. Dalam permainan sepaktakraw ada beberapa teknik dasar yang harus dikuasai salah satunya adalah yaitu keterampilan sepak sila. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan keterampilan sepak sila menggunakan variasi latihan bagi peserta ekstrakurikuler sepaktakraw SMP Negeri 3 Srengat Kabupaten Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan olahraga dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan menggunakan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan (observasi) dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 29 siswa SMP Negeri 3 Srengat Kabupaten Blitar. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan keterampilan siswa dalam melakukan keterampilan sepak sila permainan sepaktakraw setelah dilakukan latihan dengan menggunakan variasi latihan sepak sila. Penelitian tidakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus yaitu tiga minggu dengan Sembilan kali pertemuan di siklus 1 dan dua minggu dengan enam kali pertemuan di siklus 2 tingkat keberhasilan siswa pada siklus 1 pertemuan 1 sampai pertemuan 3 pada minggu pertama pertemuan 4 sampai pertemuan 6 pada minggu kedua pertemuan 7 sampai pertemuan 9 pada minggu ketiga mendapatkan hasil yaitu sikap awalan mendapatkan persentase 100% sampai minggu ketiga tetap 100% posisi kaki di minggu pertama mendapatkan persentase 72 41% 93 10% di minggu kedua dan 97 92% di minggu ketiga pandangan mata di minggu pertama mendapatkan 69 31% 82 06% di minggu kedua dan 97 93% di minggu ketiga. Perkenaan bola pada kaki mendapatkan persentase 47 24% 55 86% di minggu kedua dan 61 37% di minggu ketiga. Pada siklus 2 jumlah persentase gerakan yang benar mulai minggu 1 sampai minggu 2 atau pertemuan 1 sampai pertemanan 6 menunjukkan adanya peningkatan. Tingkat keberhasilan mulai dari gerakan sikap awalan di minggu pertama mendapatkan persentase 100% dan minggu kedua tetap 100% posisi kaki di minggu pertama mendapatkan persentase 97 93% dan minggu kedua mendapatkan persentase 97 58% pandangan mata minggu permata mendapatkan persentase 95 86% dan minggu kedua mendapatkan persentase 100% sedangkan perkenaan bola pada kaki mendapatkan persentase 75 17% dan minggu kedua mendapatkan persentase 83 10%. Kesimpulannya adalah dengan menggunakan metode bagian perbagian menggunakan variasi latihan dalam latihan dapat meningkatkan keterampilan sepak sila bagi peserta ekstrakurikuler sepaktakraw SMP Negeri 3 Srengat Kabupaten Blitar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Oct 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50301 |
Actions (login required)
View Item |