Pengaruh pendekatan bermain dan pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar keterampilan passing dan kontrol bola peserta ekstrakurikuler sepakbola SMKN 6 Kota Malang / Hafidh Addin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pendekatan bermain dan pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar keterampilan passing dan kontrol bola peserta ekstrakurikuler sepakbola SMKN 6 Kota Malang / Hafidh Addin

Addin, Hafidh (2016) Pengaruh pendekatan bermain dan pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar keterampilan passing dan kontrol bola peserta ekstrakurikuler sepakbola SMKN 6 Kota Malang / Hafidh Addin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Addin Hafidh. 2016. Pengaruh Pendekatan Bermain dan Pendekatan Kontekstual terhadap Hasil Belajar Keterampilan Passing dan Kontrol Bola Peserta Ekstrakurikuler Sepakbola SMKN 6 Kota Malang. Skripsi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hariyoko M.Pd (II) Usman Wahyudi S.Pd M.Pd. Kata Kunci pendekatan bermain pendekatan kontekstual hasil belajar keterampilan passing dan kontrol bola Pendekatan merupakan suatu cara atau metode dalam pembelajaran yang disampaikan guru dengan gaya mengajar untuk mencapai efektivitas pengajaran sehingga tercipta pembelajaran yang maksimal. Pendekatan yang dipilih guru sangat menentukan efektivitas suatu pembelajaran. Pendekatan pembelajaran yang tepat dapat menghasilkan pembelajaran yang efektif dan kondusif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan bermain dan pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar keterampilan passing dan kontrol bola pada peserta Ekstrakurikuler Sepakbola SMKN 6 Kota Malang Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen dengan rancangan matching pre-test post-test comparison group design. Sampel yang digunakan adalah peserta ekstrakurikuler sepakbola SMKN 6 Kota Malang yang diambil secara acak sebanyak 20 orang kemudian dibagi menjadi dua kelompok menggunakan teknik ordinal pairing matching yaitu kelompok pendekatan bermain berjumlah 10 orang dan kelompok pendekatan kontekstual berjumlah 10 orang. Analisis data dari penelitian ini menggunakan teknik analisis varians satu jalur. Dari analisis data diperoleh tiga kesimpulan yaitu (1) pembelajaran dengan pendekatan bermain memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar keterampilan passing dan kontrol bola peserta ekstrakurikuler sepakbola SMKN 6 Kota Malang (Fhitung 14 14 Ftabel 4 41) (2) pembelajaran dengan pendekatan kontekstual memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar keterampilan passing dan kontrol bola peserta ekstrakurikuler sepakbola SMKN 6 Kota Malang (Fhitung 17 38 Ftabel 4 41) (3) tidak ada perbedaan yang signifikan antara pembelajaran dengan pendekatan bermain dan pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar keterampilan passing dan kontrol bola peserta ekstrakurikuler sepakbola SMKN 6 Kota Malang (Fhitung 1 53 Ftabel 4 41) tetapi berdasarkan rata-rata skor akhir pembelajaran dengan pendekatan kontekstual memberikan pengaruh yang lebih baik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan kontekstual memberikan pengaruh yang lebih baik dibanding pembelajaran dengan pendekatan bermain terhadap hasil belajar keterampilan passing dan kontrol bola peserta ekstrakurikuler sepakbola SMKN 6 Kota Malang. Saran yang dapat diberikan kepada pelatih ekstrakurikuler sepakbola SMKN 6 Kota Malang karena pembelajaran dengan pendekatan kontekstual lebih meningkatkan hasil belajar keterampilan passing dan kontrol bola peserta ekstrakurikuler sepakbola SMKN 6 Kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50298

Actions (login required)

View Item View Item