Perbedaan pengaruh gaya mengajar reciprocal dengan gaya mengajar self check terhadap motivasi peserta didik pada pembelajaran pendidikan jasmani di kelas XI MAN Kota Batu / Alwin Hardiantomy - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan pengaruh gaya mengajar reciprocal dengan gaya mengajar self check terhadap motivasi peserta didik pada pembelajaran pendidikan jasmani di kelas XI MAN Kota Batu / Alwin Hardiantomy

Hardiantomy, Alwin (2016) Perbedaan pengaruh gaya mengajar reciprocal dengan gaya mengajar self check terhadap motivasi peserta didik pada pembelajaran pendidikan jasmani di kelas XI MAN Kota Batu / Alwin Hardiantomy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hardiantomy Alwin. 2016. Perbedaan Pengaruh Gaya Mengajar Reciprocal dengan Gaya Mengajar Self Check terhadap Motivasi Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Kelas XI MAN Kota Batu. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan FIK Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Asim M.Pd Pembimbing (II) Fahrial Amiq S.Or M.Pd Kata Kunci gaya mengajar reciprocal gaya mengajar self check motivasi pembelajaran. Pembelajaran yang memiliki motivasi tinggi ditunjang dengan pengajar yang mampu memfasilitasi motivasi tersebut akan membawa pada keberhasilan pencapaian target belajar. Pembelajaran pendidikan jasmani adalah memberi kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat dalam memberi peran lebih dalam pembelajaran secara optimal dengan mengurangi perilaku yang menyimpang oleh guru dan peserta didik. Kegiatan pembelajaran bervariasi yang tidak akan membuat peserta didik jenuh dalam menerima pembelajaran dari guru dan akan membuat peserta didik menjadi termotivasi dalam kegiatan pembelajaran yang menyenangkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mengkaji perbedaan pengaruh gaya mengajar reciprocal dan gaya mengajar self check terhadap motivasi peserta didik pada pembelajaran pendidikan jasmani di kelas XI MAN Kota Batu. Metode penelitian ini yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan variabel bebas yang dimanipulasikan adalah gaya mengajar reciprocal dan gaya mengajar self check sedangkan untuk variabel terikatnya adalah motivasi peserta didik. Model penelitian ini didesain dengan rancangan pretest dan posttest dengan uji persyaratan analisis uji normalitas yang dikenal dengan uji one sample kolmogrov-smirnov dengan uji homogenitas menggunakan uji levene s signifikansi 945 0.05 dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji analisis satu jalur (one way anova). Dari hasil data yang diperoleh gaya mengajar reciprocal berdasarkan hasil signifikasi ( 945 ) dari 0 05 (0 990 0 05) sedangkan hasil data yang diperoleh gaya mengajar self check mempunyai hasil signifikasi ( 945 ) dari 0 05 (0 418 0 05). Jadi dapat disimpulkan tidak ada perbedaan terhadap motivasi awal dan akhir pada kelompok pembelajaran reciprocal dan self check. Hasil uji hipotesis menggunakan one way anova menunjukkan bahwa motivasi akhir pada kelompok pembelajaran reciprocal dan self check mempunyai Sig 0.354. Berdasarkan hasil signifikasi ( 945 ) dari 0 05 (0 354 0 05). Jadi dapat disimpulkan tidak ada perbedaan terhadap motivasi akhir pada kelompok pembelajaran reciprocal dan self check terhadap pembelajaran pendidikan jasmani. Dengan melihat hasil dari data yang diperoleh gaya mengajar reciprocal dan self check tidak ada perbedaan pengaruh terhadap motivasi peserta didik maka dapat disarankan guru untuk lebih memaksimalkan perannya dalam meningkatkan motivasi peserta didik terhadap pembelajaran pendidikan jasmani.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50285

Actions (login required)

View Item View Item