Soekirno, Dyo Rizky Hadi (2016) Pengaruh metode small sided games dan metode bagian terhadap hasil belajar passing-control peserta ekstrakulikuler sepakbola putra MTs Negeri Srono kabupaten Banyuwangi usia 13-15 tahun / Dyo Rizky Hadi Soekirno. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rizky Dyo. 2016. Pengaruh Metode Small Sided Games dan Metode Bagian terhadap Hasil Belajar Passing-Control Peserta Ekstrakurikuler Sepakbola Putra MTs Negeri Srono Kabupaten Banyuwangi Usia 13-15 Tahun. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hariyoko M.Pd (II) I Nengah Sudjana S.Pd M.Pd. Kata kunci metode small sided games metode bagian passing-control. Sepakbola merupakan olahraga yang dimainkan oleh dua tim di lapangan yang bertujuan memasukkan bola ke gawang. Ada beberapa teknik dasar untuk bermain sepakbola salah satunya adalah passing-control. Cara melakukan passing-control sepakbola yang dilakukan oleh peserta ekstrakurikuler sepakbola putra MTs Negeri Srono Kabupaten Banyuwangi usia 13-15 tahun menunjukkan adanya masalah yaitu arah bola passing-control sepakbola kurang tepat sasaran hal tersebut disebabkan kurangnya penguasaan teknik dasar passing-control bola. Untuk meningkatkan hasil belajar passing-control sepakbola dengan menggunakan metode small sided games dan metode bagian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh metode small sided games dan metode bagian terhadap hasil belajar passing-control peserta ekstrakurikuler sepakbola putra MTs Negeri Srono Kabupaten Banyuwangi usia 13-15 tahun. Rancangan penelitian yang dipakai adalah eksperimen kuasi yang dilakukan kepada peserta ekstrakurikuler sepakbola putra MTs Negeri Srono Kabupaten Banyuwangi usia 13-15 tahun. Jumlah sampel 24 siswa dan dibagi dalam dua kelompok dengan teknik ordinal pairing matching. Instrumen tes yang digunakan adalah tes passing-control sepakbola menggunakan papan pantul. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Varian (ANAVA) satu jalur. Berdasarkan hasil analis data diperoleh tiga simpulan hasil penelitian sebagai berikut 1) Metode small sided games memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil passing-control peserta ekstrakurikuler sepakbola. (Fhitung 14 93 Ftabel 4 30). 2) Metode bagian juga memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar passing-control peserta ekstrakurikuler sepakbola (Fhitung 27 88 Ftabel 4 30). 3) Metode small sided games memberikan pengaruh yang signifikan sedangkan metode bagian memberikan pengaruh yang lebih signifikan terhadap hasil belajar passing-control peserta ekstrakurikuler sepakbola putra (Fhitung 391 32 Ftabel 4 30). Metode small sided games (mean 21 91 dan SD 1 31) memberikan pengaruh terhadap hasil belajar passing-control sepakbola. Metode bagian (mean 22 41 dan SD 1 16) memberikan pengaruh terhadap hasil belajar passing-control sepakbola. Saran kepada pembina ekstrakurikuler sepakbola sebaiknya menggunakan metode metode bagian untuk meningkatkan hasil belajar passing-control karena perolehan hasil penelitian yang telah dilakukan metode metode bagian lebih memberikan pengaruh yang baik dibandingkan metode small sided games terhadap hasil belajar passing-control peserta ekstrakurikuler sepakbola putra MTs Negeri Srono usia 13-15 tahun. i
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50278 |
Actions (login required)
View Item |