Juarifa (2016) Pengembangan media pembelajaran interaktif pada renang gaya dada untuk siswa kelas X SMK Negeri 11 Malang / Juarifa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Juarifa.2016. Pengembangan Media PembelajaranInteraktifPadaRenang Gaya Dada UntukSiswaKelasX SMK Negeri 11 Malang.Skripsi JurusanPendidikanJasmanidanKesehatan FakultasIlmuKeolahragaan UniversitasNegeri Malang.Pembimbing (I) Drs. Oni BagusJanuarto M.Kes. (II) Sri Purnami S.Pd. M.Pd. Kata kunci media pembelajaraninteraktif renanggayadada. Media pembelajaraninteraktifmerupakansaranapendukungpelaksanaanproses belajar. Penyampaianmateripembelajaranmembutuhkanmedia belajar yang variatifdanmenarik yangdisesuaikandengantingkatkebutuhanbelajarsiswa.Denganadanyakemajuanteknologi guru diharapkanmemilikimetodekhususdalampenyampaianmateripembelajaran. Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengembangkan media pembelajaraninteraktifpadarenanggaya dada dalammembantumempermudahsiswakelas X SMK Negeri 11 dalammemahamisetiapruntutanmateridandengantampilanmenarikdapatmembantu proses pembelajaran. Metode yang digunakandalampenelitianinimengacupada model pengembangan(resaerch and development)Borg and Gall. Dari sepuluhlangkah yang ditemukan Borg and Gall namunpenelitihanyamenggunakan 7 langkah yang meliputi (1) analisikebutuhan (2) rancangandesign produkawal (3) revisiahli (4) ujikelompokkecil (5) revisikelompokkecil (6) ujikelompokbesar (7) revisiprudukakhir. Penelitianpengembanganinidikembangkanmelaluisaran danevaluasiparaahli ujicobakelompokkecildanujilapangan (kelompokbesar).Hasilpengembanganapabiladilihatdaripersentasekeberhasilanyaitu (1) 1 ahlirenangpersentasenyaadalah 90 83% (2) 1 ahlipembelajaranpersentasenyaadalah86 46% (3) 1 ahli media persentasenyaadalah73 57% (4)9 siswauntukujikelompokkecilpersentasenyaadalah80 11% dan(5) 30 siswauntukujilapangan (kelompokbesar) persentasenyaadalah86%. Artinya media pembelajaraninteraktifinisangatbaikdandapatdigunakandalam proses pembelajaranuntuksiswakelas X SMK Negeri 11 Malang. Kesimpulannyaadalahdenganadanya media pembelajaraninteraktifdengankonseppembelajaran yang variatifdapatmembantusiswadalammemahamisetiapruntutanmateri yang ada di dalam media pembelajarandanisipada media pembelajaran yang disesuaikandengankemampuansiswa. Saran untukpenelitianpengembanganlebihlanjutadanyakonseppembelajaran yang lebihvariatif sertakeefektifannyasupayalebihbermanfaatdanjugasasarandari media jugatidakhanyatertujupadasiswakelas X saja melainkanuntukyang membutuhkan media pembelajaraninterkaktifpadarenanggaya dada.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50275 |
Actions (login required)
View Item |