Qoryatiningtyas, Umi (2016) Pengembangan variasi latihan sepak sila untuk peserta ekstrakurukuler sepaktakraw di SD Negeri Wonodadi 1 Kec. Wonodadi Kab. Blitar / Umi Qoryatiningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Qoryatiningtyas Umi 2016. Pengembangan Variasi Latihan Sepak Sila untuk Peserta Ekstrakurikuler Sepaktakraw di SD Negeri Wonodadi 1 Kec. Wonodadi Kab. Blitar. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. M. E. Winarno M.Pd (II) Drs. Mulyani Surendra M.S Kata Kunci pengembangan variasi latihan sepak sila sepaktakraw. Permainan sepaktakraw adalah olahraga beregu yang dimainkan oleh dua regu setiap regu terdiri dari tiga orang pemain. teknik dasar bermain sepaktakraw dibagi menjadi empat macam yaitu teknik service smash block dan sepak sila. Teknik sepak sila dalam permainan sepaktakraw merupakan ibu dari permainan sepaktakraw digunakan untuk menerima menimang dan menguasai bola mengumpan hantaran bola dan untuk menyelamatkan bola dari serangan lawan. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti pada peserta kegiatan ekstrakurikuler di SD Negeri Wonodadi 1 Kec. Wonodadi Kab. Blitar latihan sepak sila dan heading merupakan latihan yang sehari-hari sering dilakukan tetapi dalam proses latihan belum ada variasi dalam melakukannya. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan sebuah produk yaitu variasi latihan sepak sila sepaktakraw pada kegiatan ekstrakurikuler di SD Negeri Wonodadi 1 Kec. Wonodadi Kab. Blitar. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan prosedural dengan langkah-langkah yang merujuk pada Borg and Gall (1983 775) yang terdiri dari 10 langkah namun penelitian ini hanya menggunakan 7 langkah di antaranya adalah (1) analisis kebutuhan (2) membuat produk awal yaitu pembuatan variasi latihan sepak sila permainan sepaktakraw dengan 8 variasi latihan yang akan diberikan (3) evaluasi ahli (4) revisi produk (5) uji coba produk (6) uji lapangan dan (7) hasil akhir. Instrumen yang digunakan adalah berupa angket berisi tentang rancangan produk yang telah dibuat. Desain uji coba menggunakan tiga tahap yaitu tahap evaluasi ahli yakni ahli sepaktakraw ahli kepelatihan sepaktakraw ahli media dan uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Hasil penelitian dan pengembangan ditemukan 100% ahli sepaktakraw dan 81 25% ahli kepelatihan sepaktakraw 78 25% ahli media serta dari hasil uji coba kelompok kecil sebesar 89 71% dan uji coba kelompok besar sebesar 89 06%. Kesimpulan penelitian adalah produk ini baik sekali dan praktis digunakan untuk latihan sepak sila permainan sepaktakraw pada kegiatan ekstrakurikuler di SD Negeri Wonodadi 1 Kec. Wonodadi Kab. Blitar. Saran penelitian adalah produk variasi latihan sepak sila sepaktakraw ini dapat dijadikan salah satu alternatif latihan dalam permainan sepaktakraw latihan lebih bervariasi dan latihan lebih menarik
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50268 |
Actions (login required)
View Item |