Peningkatan keterampilan teknik dasar passing dalam permainan sepakbola menggunakan kaki bagian dalam pada siswa kelas X SMKN 2 Singosari melalui pendekatan bermain / Aziz Roni Bachtiar - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan teknik dasar passing dalam permainan sepakbola menggunakan kaki bagian dalam pada siswa kelas X SMKN 2 Singosari melalui pendekatan bermain / Aziz Roni Bachtiar

Bachtiar, Aziz Roni (2016) Peningkatan keterampilan teknik dasar passing dalam permainan sepakbola menggunakan kaki bagian dalam pada siswa kelas X SMKN 2 Singosari melalui pendekatan bermain / Aziz Roni Bachtiar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Bachtiar Aziz Roni. 2015.Peningkatan Keterampilan Teknik Dasar Passing Dalam Permainan Sepakbola Menggunakan Kaki Bagian Dalam Pada Siswa Kelas X SMKN 2 Singosari Melalui Pendekatan Bermain.Skripsi JurusanPendidikan Jasmani dan Kesehatan FakultasIlmuKeolahragaan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) I NengahSudjana S.Pd M.Pd (II) FahrialAmiq S.Or M. Pd. Kata kunci Keterampilan passing sepakbola pendekatan bermain. Sepakbola merupakan olahraga yang sangat digemari oleh kalangan anak-anak hingga orang dewasa dan diajarkan mulai jenjang SD/MI hingga jenjang SMA. Melalui pembelajaran passing sepakbola menggunakan kaki bagian dalam siswa diharapkan senang aktif paham terhadap materi yang diajarkan dan terampil. Berdasarkan observasi awal dapat diketahui bahwa keterampilan passing sepakbola menggunakan kaki bagian dalam di SMKN 2 Singosari untuk materi passing menggunakan kaki bagian dalam keberhasilan pembelajaran dapat dilihat dari banyaknya siswa yang mampu melakukan passing menggunakan kaki bagian dalam dengan baik dan benar namun apa yang telah dilakukan oleh guru sesuai dengan fakta di lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan belum mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan teknik dasar passing sepakbola kaki bagian dalam melalui pendekatan bermain. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 2 Singosari dengan jumlah subyek penelitian siswa kelas X Mekatronika sebanyak 36 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif. Melaluipenerapanmetode bermaindiharapkandapatmeningkatkanketerampilanteknikdasarpassing dalam sepakboladari siklus ke siklus. Hal ini bisa dilihat dari persentase keberhasilan siswa dalam melakukanketerampilanteknikdasarpassing dalam sepakbolasetelah diberikan tindakan dari siklus Idan siklus II hasilnyadari siklus Ipertemuanke 1 sebesar 46 5% dengankatagoricukupdanpertemuanke 2 sebesar 58 1% dengan katagoricukup sertapertemuanketigasebesar 72 5% dengankategoribaik dan hasilnya dari siklus II pertemuan ke 1 sebesar 78 1% dengan kategori baik dan pertemuan ke 2 sebesar 84 9% dengan kategori baik sekali serta pertemuan ketiga sebesar 88 2% dengan kategori baik sekali. Kesimpulan yang diperoleh bahwa keterampilan passing sepakbola menggunakan kaki bagian dalam melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Mekatronika SMKN 2 Singosari.Berdasarkan kesimpulan tersebut disarankan kepada beberapa pihak antara lain (1) bagi Guru Pendidikan Jasmani SMKN 2 Singosari hendaknya guru menggunakan metode pembelajaran yang lebih variatif dan guru lebih memperhatikan pula aspek sikap (2) bagi siswa hendaknya lebih meningkatkan partisipasinya (3) bagi SMKN 2 Singosari hendaknya dapat mengoptimalkan pemanfaatan fasilitas sekolah dan (4) bagi peneliti lain hendaknya dijadikan sebagai rujukan penelitian serupa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50266

Actions (login required)

View Item View Item