Anissa, Rahma Mita (2016) Pengembangan model-model permainan untuk pembelajaran bolatangan pada siswa kelas V SD Negeri 1 Asmorobangun 2 Puncu Kabupaten Kediri / Rahma Mita Anissa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Anissa Rahma Mita. 2016. Pengembangan Model-model Permainan untuk Pembelajaran Bolatangan Pada Siswa Kelas V SD Negeri Asmorobangun 2 Puncu Kabupaten Kediri. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I). Drs. Oni Bagus Januarto M.Kes. (II) Usman Wahyudi S.Pd M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Model-Model Permainan Bolatangan. Untuk dapat merangsang pertumbuhan dan perkembangan kualitas fisik serta psikis yang seimbang tepat dan cepat maka diperlukan suatu pengembangan dalam penyampaian materi agar anak lebih tertarik. Dalam pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan sangat tepat diberikan pengembangan berupa permainan karena permainan merupakan hal yang sangat digemari oleh anak-anak. Dari analisis kebutuhan siswa diperoleh hasil 91% Siswa menyatakan setuju dikembangkanya permainan bola besar dan 94% siswa menyatakan setuju dikembangkanya model-model permainan bolatangan. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan model-model permainan untuk pembelajaran bolatangan pada siswa kelas V SD Negeri Asmorobangun 2 Puncu Kabupaten Kediri agar dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Metode penelitian dalam penelitian dan pengembangan ini menggunakan model yang dikemukakan oleh Borg Gall akan tetapi menurut Ardhana dalam prosedur pelaksanaan penelitian pengembangan bukan merupakan langkah-langkah yang baku yang harus diikuti. Maka dari itu peneliti memodifikasi dari Ardhana tentang langkah-langkah tersebut yaitu sebagai berikut 1) analisis kebutuhan (2) pengembangan produk awal (3) tinjauan para ahli dan revisi berdasarkan evaluasi ahli (4) uji coba kelompok kecil (5) revisi produk awal berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil (6) uji coba kelompok besar dan (7) revisi produk sesuai hasil uji coba kelompok besar. Hasil akhir dari kegiatan penelitian dan pengembangan ini adalah berupa model-model permainan untuk pembelajaran bolatangan yang dikemas dalam bentuk buku panduan. Analisis data validasi ahli permainan diperoleh hasil 89.8% dengan kategori baik sekali analisis data validasi ahli pembelajaran diperoleh hasil 75 5% dengan kategori baik analisis data validasi ahli media diperoleh hasil 75% dengan kategori baik analisis data uji coba kelompok kecil terhadap siswa diperoleh hasil 83% dengan kategori baik sekali analisis data uji coba kelompok kecil terhadap guru pendidikan jasmani diperoleh hasil 80% dengan kategori baik analisis data uji coba kelompok besar terhadap siswa diperoleh hasil 85 7% dengan kategori baik sekali dan analisis data uji coba kelompok besar terhadap guru pendidikan jasmani diperoleh hasil 81 7% dengan kategori baik sekali. Berdasarkan hasil analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa model-model permainan untuk pembelajaran bolatangan pada siswa kelas V SD Negeri Asmorobangun 2 Puncu Kediri dalam bentuk buku panduan bagi guru dapat digunakan sebagai alternatif meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Sebaiknya dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui tingkat efektivitas produk yang dikembangkan ini karena hasil pengembangan ini masih terbatas sampai tersusunnya sebuah produk saja.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50264 |
Actions (login required)
View Item |