Agustina, Irin Dwi (2016) Pengembangan multimedia interaktif berbasis adobe flash dalam pembelajaran materi napza pada peserta didik SMP Negeri 15 Malang / Irin Dwi Agustina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Agustina. D. Irin. 2016. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Flash Dalam Pembelajaran Materi NAPZA Pada Peserta Didik SMP Negeri 15 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Siti Nurrochmah M.Kes. (2) Drs.Sugiyanto M.Pd. Kata kunci media pembelajaran multimedia interaktif NAPZA Pada pembelajaran materi kesehatan kompetensi dasar NAPZA peserta didik kurang tertarik dengan materi yang disajikan oleh pendidik hal ini disebabkan karena tidak tepatnya media pembelajaran yang digunakan oleh pendidik. Untuk mengatasi masalah tentang kurang tepatnya media yang digunakan oleh pendidik solusinya adalah dilakukan penelitian dan pengembangan tentang meida pembelajaran ketika penyajian materi NAPZA melalui kajian berjudul Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Flash Dalam Pembelajaran Materi NAPZA Pada Peserta Didik SMP Negeri 15 Malang . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berupa multimedia interaktif materi NAPZA yang diharapkan mampu mengatasi masalah dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan materi NAPZA. Model penelitian dan pengembangan tentang menggunakan model konseptual dan model prosedural. Instrumen yang digunakan berupa instrumen non tes bentuk angket dan wawancara. Data yang terkumpul termasuk jenis data kualitatif dan data kuantitatif. Data yang diperoleh dari analisis Teknik analisis data menggunakan teknik statistika deskriptif kualitatif dan kuantitatif berupa persentase. Hasil analisis data validasi ahli diperoleh (1) validasi ahli media diperoleh hasil 77% (produk dinyatakan cukup valid) (2) validasi ahli pembelajaran diperoleh hasil 92% (produk dinyatakan sangat valid) (3) validasi ahli pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan diperoleh hasil 88% (produk dinyatakan sangat valid) (4) validasi ahli kesehatan diperoleh hasil 81% (produk dinyatakan cukup valid) (5) uji coba kelompok besar diperoleh hasil 89% (produk dinyatakan sangat valid). Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa produk multimedia interaktif berbasis adobe flash materi NAPZA pada kelas VIII SMP Negeri 15 Malang (1) produk tepat untuk digunakan pada pembelajaran materi NAPZA terhadap peserta didik kelas VIII SMP Negeri 15 Malang (2) produk multimedia interaktif berbasis adobe flash materi NAPZA pada kelas VIII SMP Negeri 15 mempunyai kegunaan pada pembelajaran materi NAPZA dan (3) produk memiliki kesesuaian materi yang diajarkan dalam pembelajaran materi NAPZA. Saran bagi pengembangan multimedia interaktif berbasis adobe flash materi NAPZA pada SMP Negeri 15 Malang adalah (1) produk tersebut dapat dilanjutkan pada penelitian mengenai uji efektifitas produk (2) dapat digunakan pada pendidik sebagai media pembelajaran pada siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50260 |
Actions (login required)
View Item |