Pengaruh latihan passing dipantulkan ke dinding terhadap hasil tes keterampilan passing dalam pembelajaran bola voli pada kelas XI dan X2 SMA Negeri 1 Sampung Kabupaten Ponorogo / Nopi Wahyu Sejati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh latihan passing dipantulkan ke dinding terhadap hasil tes keterampilan passing dalam pembelajaran bola voli pada kelas XI dan X2 SMA Negeri 1 Sampung Kabupaten Ponorogo / Nopi Wahyu Sejati

Sejati, Nopi Wahyu (2016) Pengaruh latihan passing dipantulkan ke dinding terhadap hasil tes keterampilan passing dalam pembelajaran bola voli pada kelas XI dan X2 SMA Negeri 1 Sampung Kabupaten Ponorogo / Nopi Wahyu Sejati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sejati Nopi Wahyu. 2016. Pengaruh Latihan Passing Dipantulkan Ke Dinding Terhadap Hasil Tes Keterampilan Passing Dalam Pembelajaran Bolavoli Pada Kelas X1 dan X2 Di SMA Negeri 1 Sampung Kabupaten Ponorogo. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Agus Tomi M.Pd (II) Dra. Sri Purnami M.Pd. Kata Kunci passing dipantulkan ke dinding keterampilan passing bolavoli Permainan bolavoli adalah permainan bola besar yang dimainkan oleh dua regu atau tim dengan masing-masing tim berjumlah 6 orang pemain. Dalam permainan bolavoli teknik passing merupakan teknik dasar yang harus dikuasai oleh setiap pemain karena teknik ini berguna untuk menyerang maupun bertahan. Teknik dasar passing bolavoli terdiri dari dua teknik yaitu teknik passing atas dan teknik passing bawah sehingga jika dua teknik ini dapat dikuasai akan menjadikan permainan bolavoli menjadi lebih hidup. Permainan bolavoli ini membutuhkan kerjasama tim yang baik guna membangun serangan ke lawan dengan tujuan menjatuhkan bola ke lapangan lawan untuk mendapatkan poin. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pembelajaran passing dipantulkan ke dinding ini terhadap keterampilan passing atas dan passing bawah siswa kelas X1 dan X2 di SMAN 1 Sampung Kabupaten Ponorogo. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen. Subjek yang dipakai dalam penelitian ini berjumlah 50 siswa kelas X SMAN 1 Sampung yang masing-masing siswa memiliki keterampilan berbeda-beda. Dengan jumlah subjek penelitian tersebut maka subjek penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen passing dipantulkan ke dinding yang berjumlah 25 siswa dan kelompok konvesional yang berjumlah 25 siswa. Seluruh siswa diukur kemampuannya terlebih dahulu (pretest) kemudian dilakukan pembagian kelompok untuk kelompok eksperimen dikenai perlakuan passing ke dinding untuk kelompok kontrol diberikan metode konvensional setelah itu subjek kembali diukur kemampuannya (posttest). Analisis data dalam penelitian ini yaitu berupa teknik analisis varians satu jalur. Berdasarkan dari hasil pengujian hipotesis skor peningkatan passing diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran passing dipantulkan ke dinding memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil tes keterampilan passing atas dan passing bawah siswa pada tes passing atas dengan taraf signifikasi 945 0 05 diperoleh (F hitung 14 97 F tabel 3 32) dan untuk keterampilan passing bawah dengan taraf signifikasi 945 0 05 diperoleh (F hitung 24 18 F tabel 3 32). Pembelajaran dengan metode konvensional tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil tes keterampilan passing atas dan passing bawah siswa pada tes passing atas dengan taraf signifikasi 945 0 05 diperoleh (F hitung 0 686 F tabel 3 32) dan untuk keterampilan passing bawah dengan taraf signifikasi 945 0 05 diperoleh (F hitung 2 651 F tabel 3 32). Ada pengaruh yang signifikan antara pembelajaran passing dipantulkan ke dinding dengan metode konvensional terhadap hasil tes keterampilan passing atas dan passing bawah siswa dengan taraf signifikasi 945 0 05 untuk passing atas diperoleh (F hitung 133 44 F tabel 3 32) dan untuk passing bawah diperoleh (F hitung 98 21 F tabel 3 32). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pembelajaran passing dipantulkan ke dinding dengan jumlah tatap muka selama 8 minggu atau 16 kali pertemuan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan passing atas dan passing bawah siswa kelas X1 dan X2 SMA Negeri 1 Sampung Kabupaten Ponorogo. Saran yang dapat diberikan kepada Guru pendidikan jasmani SMA Negeri 1 Sampung hendaknya dalam memberikan pembelajaran bolavoli khususnya teknik dasar passing dapat menggunakan pembelajaran passing dipantulkan ke dinding sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan keterampilan teknik dasar passing atas dan passing bawah bolavoli kepada siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50259

Actions (login required)

View Item View Item