Fitriadi, Faizal (2016) Pengembangan model peregangan dinamis (dynamic stretching) untuk siswa ekstrakulikuler sepakbola SMA Negeri 2 Genteng Kabupaten Banyuwangi / Faizal Fitriadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Fitriadi Faizal 2016. Pengembangan Model Peregangan Dinamis (Dynamic Stretching) untuk Siswa Ekstrakurikuler Sepakbola SMA Negeri 2 Genteng Kabupaten Banyuwangi. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Eko Hariyanto M.Pd (II) Fahrial Amiq S.Or M.Pd Kata Kunci pengembangan model peregangan dinamis (dynamic stretching) .............sepakbola Sepakbola merupakan permainan olahraga yang gerakannya terjadi secara tiba-tiba sehingga menuntut pemain untuk memiliki kekuatan otot yang baik untuk mengerahkan kekuatan maksimal dalam waktu yang cepat. Peregangan dinamis sangat efektif dilakukan sebagai pemanasan karena gerakan peregangan dinamis dapat dilakukan dengan gerakan sepakbola. Hasil observasi diketahui bahwa dalam ekstrakurikuler sepakbola SMA Negeri 2 Genteng Kabupaten Banyuwangi belum menggunakan peregangan dinamis (dynamic stretching) hal ini diperkuat dengan hasil analisis kebutuhan diketahui rata-rata 83 33% kurang mengetahui tentang peregangan dinamis (dynamic stretching) 63 33% setuju dan 36 66% sangat setuju bila dikembangkan model peregangan dinamis (dynamic stretching) 80% setuju dan 16 66% sangat setuju bila peregangan dinamis (dynamic stretching) dikembangkan dalam bentuk video. Tujuan dari penelitian pengembangan ini sendiri adalah mengembangkan sebuah produk berupa model peregangan dinamis (dynamic stretching) untuk siswa ekstrakurikuler sepakbola SMA Negeri 2 Genteng Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan yang mengacu pada teori (Research and Development) Borg dan Gall yang telah dimodifikasi mengacu pada teori Ardhana. Dari yang semula 10 langkah yang dikemukakan oleh Borg dan Gall peneliti sederhanakan menjadi 7 langkah karena keterbatasan waktu tenaga serta biaya. Pada desain uji coba mengalami beberapa tahap yaitu tahap evaluasi ahli dengan melibatkan 1 ahli sepakbola 1 ahli kepelatihan sepakbola dan 1 ahli media dan dengan uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Untuk pengumpulan data peneliti menggunakan instrumen berupa angket. Hasil evaluasi ahli diperoleh ahli sepakbola sebesar 94% (Sangat Valid) ahli kepelatihan adalah 90 2% (Sangat Valid) ahli media adalah 77 6% (Cukup Valid) sehingga siap untuk diujicobakan. Untuk uji coba kelompok kecil sendiri diperoleh persentase sebesar 78 5% (Cukup Valid) dapat digunakan dengan revisi kecil. Adapun saran yang perlu untuk direvisi adalah perbaikan suara (audio) pada model melingkar gerakan ke sembilan. Untuk uji coba kelompok besar diperoleh persentase sebesar 88 96%. Dari data hasil uji coba kelompok besar mengenai pengembangan model peregangan dinamis (dynamic stretching) dalam bentuk video tidak ditemukan saran dan masukan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50257 |
Actions (login required)
View Item |