Hermanto, Fendy (2016) Pengaruh metode pembelajaran Teams-Games-Tournament (TGT) dan metode pembelajaran demonstrasi plus terhadap hasil belajar keterampilan passing peserta ekstrakurikuler futsal SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung / Fendy Hermanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Hermanto Fendy.2016. Pengaruh Metode Pembelajaran Teams-Games-Tournament (TGT) Dan Metode Pembelajaran DemonstrasiPlus Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Passing Peserta Ekstrakurikuler Futsal SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hariyoko M. Pd (II) Dr.Eko Hariyanto M. Pd. Kata kunci teams-games-tournament demonstrasi plus futsal. Metode pembelajaran merupakan cara menyampaikan materi pembelajaran agar siswa memahami yang akan dipelajari sesuai dengan tujuan pembelajaran.Pelaksanaan proses pembelajaran ekstrakurikuler futsal SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung menunjukkan adanya masalah yaitu banyak kesalahan terutama keterampilan teknik passing dibandingkan dengan keterampilan teknik yang lain karenakurangnya penyampaian materi yang diberikan pada siswa dengan metode pembelajaran demonsatrasiplus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh metode pembelajaran Teams-Games-Tournament(TGT) dan metode pembelajaran DemonstrasiPlusterhadap hasil belajar keterampilan passingpeserta ekstrakurikuler futsal SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung. Rancangan penelitian yang dipakai adalah eksperimen yang dilakukan kepada peserta ekstrakurikuler futsal SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung. Jumlah sampel sebanyak30 orang dan dibagi menjadi dua kelompok dengan cara ordinal pairing matchingdengan perlakuan dua kali dalam satu minggu selama delapan minggu atau 16 kali pertemuan. Instrumenpenelitian menggunakan tes keterampilan passing.Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Varian satu jalur. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh tiga simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama metode pembelajaran Teams-Games-Tournament(TGT) tidak memberikan pengaruh terhadap hasil belajar keterampilan passing peserta ekstrakurikuler futsal (Fh 0 713 Ft 4 20). Kedua metode pembelajaran demonstrasiplus tidak memberikan pengaruh terhadap hasil belajar keterampilan passing peserta ekstrakurikuler futsal(Fh 0 396 Ft 4 20). Ketiga tidak ada perbedaan pengaruh antara metode pembelajaran TGTdengan metode pembelajaran demonstrasiplusterhadap hasil belajar keterampilan passing peserta ekstrakurikuler futsal (Fh 0 126 Ft 4 20). Dapat disimpulkan bahwa perolehan hasil penelitian yang telah dilakukan ternyata metode pembelajaran Teams-Games-Tournament(TGT)dan metode pembelajaran DemonstrasiPlustidakberpengaruh terhadap hasil belajar keterampilan passing peserta ekstrakurikuler futsal SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung tidak berpengaruhnya kedua metode pembelajaran terhadap hasil belajar keterampilan passing dapat disebabkan oleh frekuensi pembelajaran yang hanya dua kali dalam satu minggu dan kegiatan ektrakurikuler futsal yang dilaksanakan setelah kegiatan belajar mengajar sehingga peserta dalam keadaan kelelahan. 8195
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50252 |
Actions (login required)
View Item |