Nugroho, Aloysius Gonzaga Adi Suryo (2016) Perbandingan pengaruh metode bermain kelompok dan individu terhadap minat gerak dasar lari dan lompat siswa tunagrahita ringan di SDLB Bhakti Luhur Malang / Aloysius Gonzaga Adi Suryo Nugroho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Adi Aloysius Gonzaga. 2016.Perbandingan Pengaruh Metode Bermain Kelompok dan Individu terhadap Minat Gerak Dasar Lari dan Lompat Siswa Tunagrahita Ringan di SDLB Bhakti Luhur Kota Malang..Skripsi JurusanPendidikanJasmanidanKesehatan FakultasIlmuKeolahragaan UniversitasNegeri Malang.Pembimbing (I) Dr. Asim M.Pd (II) I Nengah Sudjana S.Pd M.Pd. Kata Kunci metode bermain kelompok metode bermain individu minat gerak dasar lari dan lompat siswa tunagrahita. Siswa tunagrahita adalah mereka yang memiliki keterbatasan mental dan intelektual(IQ) Pendidikan jasmani melalui media bermain memberikan kesempatan yang sama bagi siswa tunagrahita untuk belajar.Metode bermain juga metode termudah dalam pemberian pembelajaran pendidikan jasmani untuk menarik minat siswa untuk bergerak walaupun dengan gerakan yang sederhana seperti berlari dan melompat. Metode bermain kelompok dan Individu adalah bagian dari metode bermain yang dilihat berdasarkan jumlah peserta namun metode bermain kelompok dan individu mempunyai karakteristik dan tujuan yang sangat berbeda bila diterapkan bagi siswa tunagrahita. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui perbandingan pengaruh metode bermain kelompok dan individu terhadapminat bergerak berlari dan melompat siswa tunagrahita ringan di SDLB Bhakti Luhur Kota Malang. Eksperimen dengan bentuk Randomized Posttest-Only Comparison Two Group Designadalah rancangan penelitian yang dipilih peneliti sebagai rancangan penelitian. Subjek penelitian ini adalah 30siswatunagrahita di SDLB Bhakti Luhur Kota Malang. Subjek penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok yaitu 15 siswa yang mendapat perlakuan metode bermain kelompok dan 15 siswa yang mendapat perlakuan metode bermain individu. Analisis data dari penelitian ini yaitu berupa teknik analisis varians satu jalur. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa minat gerak dasar lari dan lompat pada permainan kelompok dan individu mempunyai Sig 0.73 dan f hitung 3.483. Berdasarkan hasil perhitungan F hitung kurangdari ()0 05 (0 73 0 05). Jadi dapat disimpulkan tidak ada perbedaan minat gerak dasar lari dan lompat terhadap pada permainan kelompok dan individu. Hasil tersebut menunjukkan bahwa siswa tunagrahita ringan kelas 4 dan 5di SDLB Bhakti Luhur Malang mempunyai minat gerak dasar lari dan lompat yang sama pada permainan kelompok dan permainan individu. Bermain adalah dunia anak sehingga permainan menjadi media yang tepat bagi anak untuk belajar gerak dasar lari dan lompat. Permainan kelompok diminati karena siswa kelas 4 dan 5 merupakan usia dimana anak-anak menyukai permainan dengan kelompok yang besar atau aktivitas berkelompok. Permainan individu juga diminati siswa karena tingkat intelektual yang rendah dapat membuat siswa fokus terhadap dirinya sendiri atau benda sebagai alat bermain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50250 |
Actions (login required)
View Item |