Winantyo, Pandu (2016) Pengembangan model pembelajaran kooperatif jigsaw pada teknik dasar lompat jauh siswa kelas VIII G SMPN 1 Wates Kabupaten Kediri / Pandu Winantyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Winantyo Pandu. 2015. Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw pada Teknik Dasar Lompat Jauh dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Di SMP Negeri 1 Wates Kabupaten Kediri. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Mardianto M.Kes (II) I Nengah Sudjana S.Pd M.Pd Kata kunci buku ajar model pembelajaran kooperatif jigsaw lompat jauh. Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw pada Teknik Dasar Lompat Jauh merupakan salah satu cara yang dapat digunakan baik siswa maupun guru Pendidikan Jasmani di SMPN 1 Wates untuk membantu proses pembelajaran lompat jauh. Model pembelajaran ini dikembangkan melalui saran dan evaluasi ahli pembelajaran atletik. Hasil uji ahli secara umum dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw pada Teknik Dasar Lompat Jauh di SMPN 1 Wates ini sangat dibutuhkan karena diharapkan dari model pembelajaran ini anak dapat menghilangkan rasa malas pada saat melakukan aktivitas pembelajaran lompat jauh. Selain itu untuk meningkatkan aspek kognitif siswa dalam pembelajaran. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall (1983 775) peneliti tidak menggunakan keseluruhan tetapi hanya menggunakan 7 langkah. Adapun 7 langkah yang dipilih oleh peneliti untuk pengembangan model pembelajaran kooperatif jigsaw adalah sebagai berikut 1) Melakukan penelitian awal melalui pengamatan pada pembelajaran lompat jauh di SMPN 1 Wates Kabupaten Kediri. 2) pengembangan rancangan produk 3) evaluasi para ahli dengan menggunakan ahli pembelajaran atletik yang menghasilkan berupa produk awal 4) revisi rancangan produk berdasarkan evaluasi ahli (hasil rancangan produk berupa produk awal) dan uji coba lapangan pada kelompok kecil 5) revisi hasil dari uji coba lapangan pada kelompok kecil 6) uji coba lapangan pada kelompok besar 7) revisi dari hasil uji coba lapangan pada kelompok besar kemudian menjadi produk akhir berupa pengembangan model pembelajaran kooperatif jigsaw pada teknik dasar lompat jauh. Buku ajar merupakan salah satu instrumen yang dapat dijadikan media oleh guru dalam proses pembelajaran. Dengan buku ajar yang khusus memuat materi pembelajaran lompat jauh dengan model pembelajaran jigsaw siswa akan mudah memahami dan menerapkan teknik dasar lompat jauh dengan baik dan benar. Buku ajar ukuranya disesuaikan dengan kebutuhan siswa sehingga buku tersebut akan mudah dibawa dan dapat di baca pada saat akan melakukan materi lompat jauh di lapangan. Berdasarkan hasil analisis data uji coba kelompok kecil terhadap 12 anak dan uji coba kelompok besar terhadap 38 anak di SMPN 1 Wates Kabupaten Kediri model pembelajaran kooperatif jigsaw dinyatakan dapat digunakan. Produk pengembangan berupa buku ajar diharapkan dapat dijadikan referensi oleh guru pendidikan jasmani dalam memberikan materi pembelajaran lompat jauh. Hasil analisis yang sudah dilakukan terhadap siswa menyatakan produk yang telah dibuat menarik mudah menyenangkan membantu dan aman digunakan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50249 |
Actions (login required)
View Item |