Pengembangan pembelajaran senam lantai rangkaian sederhana siswa kelas VIII si SMP Negeri 2 Ngoro Kabupaten Mojokerto / Wahyu Heny Kartika Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pembelajaran senam lantai rangkaian sederhana siswa kelas VIII si SMP Negeri 2 Ngoro Kabupaten Mojokerto / Wahyu Heny Kartika Sari

Sari, Wahyu Heny Kartika (2016) Pengembangan pembelajaran senam lantai rangkaian sederhana siswa kelas VIII si SMP Negeri 2 Ngoro Kabupaten Mojokerto / Wahyu Heny Kartika Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Wahyu Heny K. 2016. Pengembangan Pembelajaran Senam Lantai Rangkaian Sederhana Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Ngoro Kabupaten Mojokerto. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. TatokSugiarto S.Pd. M.Pd. (II) Sri Purnami S.Pd. M.Pd. Kata Kunci pembelajaran senam lantai rangkaian sederhana Berdasarkan observasi awal yang dilakukan melalui telaah pelaksanaan pembelajaran senam lantai pada siswa kelas VIII E pada tanggal 27-31 Oktober 2014 di SMP Negeri 2 Ngoro Kabupaten Mojokerto didapat temuan-temuan sebagai berikut 1) Kompetensi Dasar (KD) tidak sesuai dengan harapan pada Kompetensi Dasar (KD) poin 4.6 variasi dan kombinasi teknik dasar rangkaian sederhana yang tertulis hanya salah satu teknik dasar gerakan senam lantai saja (meroda dan guling lenting) 2) indikator melakukan penggalan-penggalan gerakan yang ada 3) alokasi waktu terdiri dari 2x pertemuan setiap pertemuan (3x40 menit) 4) tujuan pembelajaran dapat melalukan penggalan-penggalan gerakan yang ada 5) materi pembelajaran tidak serta merta rangkaian sederhana hanya pengalan-pengalan gerakan yang ada. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan pembelajaran senam lantai menjadi sebuah rangkaian sederhana untuk siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Ngoro Kabupaten Mojokerto serta membantu guru agar pembelajaran sesuai dengan Kompetensi Dasar (KD) poin 4.6 pada kurikulum 2013. Penelitianinimenggunakan model procedural yang mengacuhpadapenelitiandanpengembangan (research and development) Borg dan Gall yang menggunakan 10 langkahpenelitian padapenelitianinidilakukanmodifikasidenganhanyamenggunakan 7 langkahpenelitiandanpengembangan.Penelitianinitidaksampaipadatahapujicobadenganjumlah yang diambildaribeberapasekolah penelititidakmelakukanujiefektifitasdantahapdesiminasidisesuaikandenganprodukpengembangan.Dalampenelitianiniteknikanalisis data yang digunakanadalahteknikanalisis data deskriptifkuantitatifdenganpresentase. Hasilujicobakelompokkecilpada 10 siswadiperoleh rata-rata persentase 79 62% danhasilujicobakelompokbesarpada 32 siswadiperoleh rata-rata persentase 86 10%. Adapunspesifikasiproduk yang dikembangkanolehpenelitiberisitentangpembelajaransenamlantaiantaralaingerakangulingbelakang merodadanround off 1) pemanasan (streching) 2) kalestenik 3) permainan 4) pembelajaranvariasi-variasiteknikdasargulingbelakang 5) pembelajaranteknikdasarmerodadanround off 6) rangkaiangerakanteknik-teknikdasarsenamlantai 7) pelemasan (cooling down). Berdasarkanhasilpenelitiandanpengembanganinidapatdisimpulkanbahwaprodukpengembangan data digunakandenganperolehan rata-rata 82 86% termasukkategoricukup valid dapatdigunakandenganrevisikecil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50248

Actions (login required)

View Item View Item