Anam, Mohammad Syamsul (2016) Pengembangan variasi latihan teknik dasar renang gaya bebas dan gaya dada melalui video compact disk pada kegiatan ekstrakurikuler renang di SMP Negeri 8 Malang / Mohammad Syamsul Anam. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Anam Mohammad. Syamsul. 2016. Pengembangan Variasi Latihan Teknik Dasar Renang Gaya Bebas Dan Dada Melalui Video Compact Disk Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Renang Di Smp Negeri 8 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tatok Sugiarto S.Pd. M.Pd. (II) Usman Wahyudi S.Pd. M.Pd Kata Kunci Pengembangan Variasi Latihan Teknik Dasar Renang Gaya Bebas Gaya Dada Ekstrakurikuler VCD. Materi renang gaya bebas dan gaya dada di SMP Negeri 8 Malang idealnya diajarkan melalui kegiatan intrakurikuler sekolah tetapi hal tersebut terbentur dengan masalah waktu dan sarana prasarana mengakibatkan materi tidak bisa diajarkan secara maksimal dan menyeluruh. Maka dari itu dibentuk suatu kegiatan ekstrakurikuler renang harapannya peserta dapat mengembangkan potensi bakat dan minat yang dimiliki. Bedasarkan analisis kebutuhan ditemukan 1) materi yang di berikan pelatih adalah renang gaya bebas dan gaya dada 2) masih sering pelatih memberikan model latihan yang tradisional (model lama) 3) 2 dari 3 pelatih menyatakan jarang memberikan model variasi latihan renang gaya bebas dan dada yang bermacam macam 4) 83 33% peserta menyatakan variasi latihan teknik dasar renang gaya bebas dan dada sangat diperlukan untuk memudahkan dalam belajar berenang 5) 100% peserta menyatakan pelatih tidak pernah menyampaikan sebuah materi renang melalui VCD. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan variasi latihan teknik dasar renang gaya bebas dan gaya dada. Sekaligus menguji kelayakan produk hasil pengembangan dan hasil pengembangan yang dikemas dalam bentuk video compact disk. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode pengembangan penelitian research and development Borg Gall yang terdiri dari 10 langkah Berdasarkan metode Borg Gall peneliti tidak menggunakan langkah keseluruhan tetapi hanya memakai 7 langkah menurut Wayan Ardhana peneliti dapat memilih dan menentukan langkah langkah yang paling tepat bagi dirinya bedasarkan kondisi khusus yang dihadapinya dalam proses pengembangan. Hasil penelitian dan pengembangan dari evaluasi ahli praktisi kepelatihan olahraga renang diperoleh hasil 84 9% artinya sangat valid dari evaluasi ahli akademisi kepelatihan olahraga renang diperoleh hasil 87 73% artinya sangat valid dan dari ahli media diperoleh hasil 79 81% cukup valid sehingga produk ini perlu direvisi sebelum di uji cobakan pada kelompok kecil. Pada uji coba kelompok kecil dengan jumlah 10 peserta diperoleh hasil 85 06% artinya sangat valid tanpa ada revisi sehingga dapat di uji cobakan pada kelompok besar. Pada uji coba kelompok besar dengan jumlah 30 peserta diperoleh hasi 90 76% sehingga disimpulkan jika produk ini sangat valid dan layak untuk digunakan oleh peserta kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 8 Malang. Pengembangan variasi latihan teknik dasar renang gaya bebas dan gaya dada melalui video compact disk pada kegiatan ekstrakurikuler renang di Negeri 8 Malang ini diharapkan dapat meningkatkan minat dan ketertarikan peserta dalam berlatih renang gaya bebas dan gaya dada dan sekaligus sebagai referensi sumber belajar bagi pelatih dalam memberikan materi latihan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50247 |
Actions (login required)
View Item |