Ichsan, Rachmat Nur (2016) Pengembangan variasi permainan bola botol pelangi pada pembelajaran bola kecil untuk siswa kelas IV SDN Saptorenggo 1 Pakis Kabupaten Malang / Rachmat Nur Ichsan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ichsan Rachmat Nur. 2016. Pengembangan Variasi Permainan Bola Botol Pelangi Pada Pembelajaran Bola Kecil Untuk Siswa Kelas IV SDN Saptorenggo 1 Pakis Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) I Nengah Sudjana S.Pd. M.Pd (II) Fahrial Amiq S.Or. M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Permainan Bola Kecil dan Bola Botol Pelangi. Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar yang paling tepat adalah menggunakan metode bermain dalam penyampaian materi hal ini dikarenakan bermain adalah dunia anak. Salah satu kompetensi dasar pendidikan jasmani yang diajarkan pada siswa kelas IV Sekolah Dasar adalah mengenai materi permainan bola kecil. Berdasarkan data analisis kebutuhan yang diperoleh dari penyebaran kuesioner yang diberikan kepada 40 siswa kelas IV SDN Saptorenggo 1 Pakis Kabupaten Malang menunjukkan bahwa 40 siswa (100%) menyukai mata pelajaran Pendidikan Jasmani 33 siswa (82 5%) pernah diajarkan materi bola kecil 36 siswa (90%) kurang bersemangat terhadap permainan yang diberikan guru 40 siswa (100%) membutuhkan pengembangan permainan bola kecil 39 siswa (97 5%) bersemangat dengan variasi permainan bola botol pelangi dan 40 siswa (100%) setuju dengan pengembangan variasi permainan bola botol pelangi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan variasi permainan bola botol pelangi yang terdiri dari permainan tembak botol pelangi boy botol pelangi smart bottle dan estafet bola yang diharapkan dapat digunakan guru sebagai alternatif dalam memberikan materi bola kecil agar siswa lebih mudah dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Prosedur penelitian yang digunakan adalah merujuk pada buku Borg Gall yang telah dimodifikasi peneliti sesuai dengan pendapat Ardhana dari 10 langkah menjadi 7 langkah yaitu (1) Analisis kebutuhan (2) Pembuatan produk awal (3) Uji coba kelompok kecil (4) Revisi produk (5) Uji coba kelompok besar (6) Revisi produk dan (7) Hasil akhir produk sehingga penelitian ini hanya pada tahap pembuatan produk akhir belum sampai pada tahap uji keefektivan produk. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif berupa persentase. Berdasarkan hasil analisis data uji coba kelompok kecil dengan subjek 10 siswa diperoleh persentase 87 97% dan persentase tersebut termasuk dalam kriteria layak serta hasil analisis data dari uji coba kelompok besar dengan subjek 30 siswa diperoleh persentase 88 70% dan persentase tersebut masuk dalam kriteria layak sehingga dapat dikatakan produk variasi permainan bola botol pelangi ini layak digunakan dalam proses pembelajaran. Pengembangan variasi bola botol pelangi ini dikembangkan sesuai dengan Kurikulum 2013 kelas IV SD/MI dan dikemas dalam bentuk buku panduan. Keunggulan produk pengembangan ini adalah menggunakan sarana yang aman dan mudah didapatkan tidak membutuhkan lapangan bermain yang luas banyak melibatkan siswa untuk bermain serta tujuan dari permainan ini adalah melatih kerja sama membuat strategi sportifitas percaya diri kognitif dan motorik siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50241 |
Actions (login required)
View Item |