Noor, Irwinsyah Dwi M. (2016) Pengembangan model pembelajaran sepakbola melalui permainan soccer bounce back untuk siswa kelas IX SMP Negeri 2 Jabung Kabupaten Malang / Irwinsyah Dwi M. Noor. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Dwi Irwinsyah M. Noor. 2015. Pengembangan Model Pembelajaran Sepakbola Melalui PermainanSoccer Bounce BackuntukSiswaKelasIX SMPNegeri2Jabung. SkripsiJurusanPendidikanJasmanidanKesehatan FakultasIlmuKeolahragaan UniversitasNegeri Malang.Pembimbing (1) I Nengah Sudjana S.Pd M. Pd (2) UsmanWahyudi S.Pd M.Pd. Kata Kunci soccer bounce back pembelajaransepakbola. Berdasarkanobservasiawal yang dilakukanpenelitidengan guru pendidikanjasmanidansiswa SMPNegeri2Jabung padatanggal9-10Maret 2015 pembelajaransepakbola yang dilakukanbelumpernahmenggunakanpengembangan model permainansertaresponsiswaterhadapmaterisepakbolasangatkurang. Dari hasil analisis kebutuhan diperoleh hasil 87% siswa setuju dengan dikembangkannya model permainan sepakbola dan 97% setuju dengan dikembangkannya permainan Soccer Bounce Back. Penelitianinibertujuanuntukmenemukanjalankeluardaripermasalahan yang adayaitudenganmengembangkan modelpermainanuntukpembelajaransepakbola.Diharapkan pengembanganinidapatmenjadisolusidalampembelajaran agar siswalebihantusiasdansenangdalampembelajaran. Metode penelitian dalam penelitian dan pengembangan ini menggunakan model yang dikemukakan oleh Borg Gall akan tetapi menurut Ardhanadalam prosedur pelaksanaan penelitian pengembangan bukan merupakan langkah-langkah yang baku yang harus diikuti. Maka dari itu peneliti memodifikasi dari Ardhana tentang langkah-langkah tersebut yaitu sebagai berikut 1) analisis kebutuhan (2) pengembangan produk awal (3) tinjauan para ahli dan revisi berdasarkan evaluasi ahli (4) uji coba kelompok kecil (5) revisi produk awal berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil (6) uji coba kelompok besar dan (7) revisi produk sesuai hasil uji coba kelompok besar. Hasilpenelitian dan pengembangan iniberupa permainan permainan soccer bounce backyang dikemas dalam bentuk buku panduan.Analisis data validasi ahli permainan diperoleh hasil 75%untuk semua aspek dengan kategori cukup valid analisis data validasi ahli pendidikan jasmani diperoleh hasil 75-100% dengan kategori cukup valid analisis data validasi ahli media diperoleh hasil 75-100% dengan kategori cukup valid analisis data uji coba kelompok kecil terhadap siswa diperoleh hasil 87 34%dengan kategori sangat valid analisis data uji coba kelompok kecil terhadap guru pendidikan jasmani diperoleh hasil 84 38%dengan kategori cukup valid analisis data uji coba kelompok besar terhadap siswa diperoleh hasil 86 51% dengan kategori sangat validdan analisis data uji coba kelompok besar terhadap guru pendidikan jasmani diperoleh hasil 85 94%dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa permain soccer bounce back untuk kelas IXSMP Negeri 2 Jabung Kabupaten Malang dalam bentuk buku panduan bagi guru dapat digunakan sebagai alternatif untuk siswa agar dapat merasa lebih senang dan lebih menikmati suatu permainan sepakbola dengan cara yang baru.Sebaiknyadilakukanpenelitianlebihlanjutuntukmengetahuitingkatefektivitasproduk yang dikembangkanini karenahasilpengembanganinimasihterbatassampaitersusunnyasebuahproduksaja
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50240 |
Actions (login required)
View Item |