Pengembangan model bermain untuk meningkatkan kemampuan dribble dalam permainan bolabasket pada kegiatan ekstrakurikuler bolabasket SMP Kartika IV-9 Malang / Fathu Rhomadhoni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model bermain untuk meningkatkan kemampuan dribble dalam permainan bolabasket pada kegiatan ekstrakurikuler bolabasket SMP Kartika IV-9 Malang / Fathu Rhomadhoni

Rhomadhoni, Fathu (2016) Pengembangan model bermain untuk meningkatkan kemampuan dribble dalam permainan bolabasket pada kegiatan ekstrakurikuler bolabasket SMP Kartika IV-9 Malang / Fathu Rhomadhoni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fathurhoma Dhoni 2015. Pengembangan model bermainuntukmeningkatkankemampuandriblledalampermainanbolabasket di SMP Kartika IV-9 Malang.Skripsi JurusanPendididikanJasmanidankesehatan FakultasIlmuKeolahragaan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Oni BagusJanuarto M.Kes (2) UsmanWahyudi SPd M.Pd. Kata Kunci penelitianpengembangan bolabasket dribble Materidribblebolabasketmerupakansalahsatumateripokok yang diajarkanpadapembelajaranpendidikanjasmani di sekolahkhususnyauntuksiswa SMPKartika IV-9 Malang. Namunsepertipadakenyataannyasiswa SMP pastimerasabosankarena guru lebihseringmenggunakanmetodedrilling.Merekaberharapketikamengikutipembelajaranpendidikanjasmanimerekabisabermain bersenang-senangdenganteman danberekreasi.Olehkarenaituperludilakukanpenelitianmengenaipengembangan model permainandribllebolabasket di sekolahtersebut bolabasketadalahsuatupermainan yang dilakukanoleh 2 tim yang masing-masingberanggotakan5 orang pemain denganwaktu 4x10 menit. Bolabasketmerupakanpermainan beregu yang dimainkanolehindividu-individuuntukmenyebarluaskangagasandaripelatih agar bolabasket agar bolabasketmenjadipermainan yang lebihbaik. Di SMP Kartika IV-9 Malang model bermaindribblejarangdiberikanolehpelatih halinidiketahuiolehpelatihpadasaatmelaksanakanobservasidanwawancara di SMP Kartika IV-9 Malang dan model permainan yang diberikanpadasiswakurangbervariatif tujuanpenelitiandanpengembangan model bermainuntukmeningkatkankemampuandriblledalampermainanbolabasket di SMP Kartika IV-9 Malang yaitumemberikanvariasaidan model permainan Hasilujicobakelompokkecilterhadapprodukpengembangandiperolehpersentasekelayakansebesar 89 %. Sedangkanhasilujicobakelompokbesardiperolehpersentasekelayakansebesar 91 %.bolabasket yang nantinyadiharapkanhasilpengembanganpermainantersebutdapatbermanfaatsaatpertandingankhususnyabagipemain di SMP Kartika IV-9 Malang sertadapatdigunakanmembuatsuasanapembelajaranpendidikanjasmanikhususnyapadamateridribelbolabasketmenjadilebihmenyenangkan bervariasi danmembuatsemuasiswamenjadiaktif. Model yang digunakandalampenelitianinimengacupada model yang adadanpengembangan yang dikemukakanoleh Borg and Gall peneltianmengunakan 7 langkahyaitu analisiskebutuhan produkawal ujiahli ujikelompokkecil revisiproduk ujicobakelompokbesar revisiproduk danprodukakhir. Jenis data yang diperolehberbentuk data kualitatifdan data kuantitatif.Teknikanalisis data yang digunakanberupaanalisisdeskritifdankuantitatif. kesimpulandan saran dariprodukpengembangan model bermainuntukmeningkatkankemampuandribbledalampermainanbolabasketdiharapkanbermanfaatbagisiswasekolah SMP kartika IV-9 Malang sehinggadapatlebihmembantudalamupayameningkatkanpermainandilapangansertadapatmengujitingkatefektifitasdariproduk yang dikembangkan tujunandaripenelitianiniadalahuntukmemberikangambaranmasukantentang model-model permainandribllebolabasket agar lebihberfariasidalamsetiap melakukanlatihan yang diberikan di ekstrakurikuler.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50239

Actions (login required)

View Item View Item