Pengembangan pola latihan inbound menggunakan media video pada kegiatan ekstrakurikuler bolabasket SMP Negeri 15 Malang / Robby Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pola latihan inbound menggunakan media video pada kegiatan ekstrakurikuler bolabasket SMP Negeri 15 Malang / Robby Kurniawan

Kurniawan, Robby (2016) Pengembangan pola latihan inbound menggunakan media video pada kegiatan ekstrakurikuler bolabasket SMP Negeri 15 Malang / Robby Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniawan Robby 2016. Pengembangan Pola Latihan Inbound Menggunakan Media Video Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Bolabasket SMP Negeri 15 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Siti Nurrochmah M.Kes dan (II) Drs. Oni Bagus Januarto M.Kes Kata Kunci Pola Latihan Inbound Bolabasket Media Video Berdasarkan hasil pengalaman praktek kepelatihan dan analisis kebutuhan yang dilakukan pada pelatih dan peserta ekstrakurikuler bolabasket SMP Negeri 15 Malang diketahui pelatih sangat membutuhkan variasi pola latihan inbound dalam menyampaikan materi kepada peserta pelatih membutuhkan media yang tepat untuk penyampaian materi latihan 32 peserta (80%) mengungkapkan sangat perlu taktik inbound dalam bolabasket 33 peserta (82 5%) mengungkapkan sangat kesulitan dalam melakukan taktik inbound dengan baik 100% peserta setuju dikembangkannya pola latihan inbound bolabasket menggunakan media video dalam ekstrakurikuler bolabasket SMPN 15 Malang. Penelitian ini bertujuan untuk menagatasi permasalahan yang muncul dengan solusi mengadakan penelitian dan pengembangan tentang pola latihan inbound menggunakan media video pada kegiatan ekstrakurikuler bolabasket SMP Negeri 15 Malang. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian pola latihan inbound menggunakan media video ini adalah model konseptual yaitu model operasionalisasi teori yang telah tervalidasi ke dalam prosedur pada suatu produk. Hasil penelitian dan pengembangan berupa penilaian ahli terhadap produk yang dikembangkan ditemukan persentase kemenarikan pola 89 34% ketepatan pola 87 34% kejelasan video 91 66% dan kemenarikan tampilan 90 00% berarti produk yang dikembangkan pada kategori baik sekali serta tepat dan layak sebagai produk yang teruji. Hasil uji coba kelompok kecil terhadap 10 peserta ekstrakurikuler menunjukkan persentase 86 40% dan Hasil uji coba kelompok besar terhadap 30 peserta ekstrakurikuler menunjukkan persentase 88 75% sehingga hasil produk yang dikembangkan masuk dalam kategori baik sekali jadi pola latihan inbound bolabasket menggunakan media video layak tepat dan bisa digunakan oleh peserta latihan serta pelatih di ekstrakurikuler bolabasket di SMP Negeri 15 Malang. Kesimpulan hasil penelitian bahwa pola latihan inbound menggunakan media video dapat digunakan sebagai media penyampaian materi peserta ekstrakurikuler bolabasket SMP Negeri 15 Malang. Saran yang diberikan adalah (1) peserta latihan dapat memanfaatkan produk sebagai alternatif media penunjang kegiatan latihan (2) produk yang dikembangkan dapat digunakan di sekolah lain dengan mempertimbangkan karakteristik yang ada dalam produk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50234

Actions (login required)

View Item View Item