Pengembangan model latihan smash bolavoli pada kegiatan ekstrakurikuler di SMPN 12 Malang / Izzul Muttaqin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model latihan smash bolavoli pada kegiatan ekstrakurikuler di SMPN 12 Malang / Izzul Muttaqin

Muttaqin, Izzul (2016) Pengembangan model latihan smash bolavoli pada kegiatan ekstrakurikuler di SMPN 12 Malang / Izzul Muttaqin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Muttaqin Izzul. 2015. Pengembangan Model Latihan Smash Bolavoli Pada Kegiatan Ekstrakurikuler di SMPN 12 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Prof. Dr. M. E. Winarno M.Pd (II) dr. Agung Kurniawan M.Kes. Kata Kunci pengembangan model latihan smash bolavoli Smash merupakan salah satu teknik dasar yang harus dikuasai dalam permainan bolavoli untuk mendapatkan kemenangan dengan cepat. Dalam kegiatan ekstrakurikuler permainan bolavoli di SMPN 12 Malang smash merupakan salah satu materi yang diajarkan oleh pelatih. Menurut analisis kebutuhan dengan membagikan angket kepada 42 peserta dan 1 pelatih pada ekstrakurikuler SMPN 12 Malang diperoleh hasil materi smash bolavoli kurang dikuasai oleh peserta dalam melakukan gerakan smash dan materi yang diberikan pelatih kurang bervariasi dan perlu diadakan pengembangan model latihan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah produk yaitu model latihan smash pada kegiatan ekstrakurikuler di SMPN 12 Malang. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall (1983 775). Dari sepuluh langkah pengembangan yang dikemukakan oleh Borg and Gall namun peneliti ini hanya menggunakan 7 langkah. Langkah-langkah tersebut adalah (1) analisis kebutuhan (2) membuat produk awal yaitu pembuatan model latihan smash bolavoli dengan 9 model latihan yang akan diberikan (3) evaluasi ahli (4) revisi produk (5) uji coba produk (6) uji lapangan (7) hasil akhir. Instrumen yang digunakan adalah berupa angket berisi tentang rancangan produk yang telah dibuat. Desain uji coba menggunakan dua tahap yaitu tahap evaluasi ahli yakni ahli permainan bolavoli ahli kepelatihan bolavoli ahli media dan uji coba kelompok kecil dan besar. Dalam penelitian ini menggunakan insrumen pengumpulan data berupa angket. Penelitian dan pengembangan diperoleh hasil 79 16% ahli permainan bolavoli 83 33% ahli kepelatihan bolavoli dan 80 35% ahli media maka produk pengembangan layak digunakan sebagai media latihan pada ekstrakurikuler SMPN 12 Malang. Dari hasil uji coba kelompok kecil sebesar 85 10% dan uji coba kelompok besar sebesar 87 46% sehingga produk pengembangan dapat digunakan. Dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan oleh peneliti layak digunakan pada kegiatan ekstrakurikuler di SMPN 12 Malang. Besar harapan peneliti bila produk yang telah dikembangkan oleh peneliti dapat digunakan untuk sasaran lebih luas serta dikembangkan lebih variatif sehingga dapat dikaji keefektifan dari produk pengembangan model latihan smash yang telah dikembangkan peneliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50223

Actions (login required)

View Item View Item