Kumala, Maria Intan (2016) Peningkatan keterampilan passing bawah bolavoli menggunakan metode bermain pada siswa kelas VIIB SMPK St. Antonius Arjowilangun Kecamatan Kalipare kabupaten Malang tahun ajaran 2014/2015 / Maria Intan Kumala. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Kumala Maria Intan. 2015. Peningkatan keterampilan passing bawah bolavoli menggunakan metode bermain pada siswa kelas VII B SMPK St. Antonius Kalipare tahun ajaran 2014/2015. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. M.E Winarno M.Pd (2) dr. Agung Kurniawan M.Kes. Kaca kunci Peningkatan keterampilan passing bawah bolavoli metode bermain SMPK St. Antonius Arjowilanggun Kecamatan Kalipare Berdasarkan dari hasil observasi masih banyak siswa yang belum mampu melakukan passing bawah bolavoli dengan kesulitan atau ketidak mampuan pada posisi badan posisi kaki cara genggaman tangan dan perkenaan bola. Pada saat posisi badan siswa tidak condong kedepan melainkan posisi badan tegak saat posisi kaki kaki tidak selebar bahu dan lutut tidak sedikit ditekuk saat cara genggaman tangan yaitu tangan kanan tidak mengepal kemudian tidak ditempelkan dengan tangan kiri pada saat perkenaan bola tidak pada kedua lengan melainkan pada jari-jari tangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan passing bawah bolavoli dengan menggunakan metode bermain pada siswa kelas VII B SMPK St. Antonius Kalipare. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMPK St. Antonius Kalipare dengan jumlah subyek penelitian siswa kelas VII B sebanyak 20 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa pada siklus pertama pertemuan 1 dan 2 tingkat keberhasilan siswa yaitu 66 25% dengan klasifikasi cukup dan untuk pertemuan kedua yaitu 82 5% dengan klasifikasi baik sedangkan untuk siklus ke-2 pertemuan pertama tingkat keberhasilan siswa 92 5% dengan klasifikasi baik dan untuk pertemuan kedua yaitu 97 5% dengan klasifikasi baik. Dengan menggunakan metode bermain menunjukkan terjadinya peningkatan keterampilan siswa dalam melakukan passing bawah bolavoli pada siswa kelas VII B SMPK St. Antonius Kalipare. Dalam penelitian ini metode bermain yang digunakan yaitu bermain lempar passing bawah bolavoli bermain passing bawah bolavoli kepiting bermain passing bawah bolavoli segi tiga bermain passing bawah bolavoli angka.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Apr 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50222 |
Actions (login required)
View Item |