Pengembangan model pembelajaran teknik dasar tolak peluru gaya menyamping bagi siswa kelas VII di SMPN 12 Malang / Rina Fifit Saputri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model pembelajaran teknik dasar tolak peluru gaya menyamping bagi siswa kelas VII di SMPN 12 Malang / Rina Fifit Saputri

Saputri, Rina Fifit (2016) Pengembangan model pembelajaran teknik dasar tolak peluru gaya menyamping bagi siswa kelas VII di SMPN 12 Malang / Rina Fifit Saputri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Saputri Rina Fifit. 2015. Pengembangan Pembelajaran Teknik Dasar Tolak Peluru Gaya Menyamping bagi Siswa Kelas VII di SMPN 12 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. M. E. Winarno M.Pd. (II) Drs. Mulyani Surendra M.S. Kata Kunci Model Pembelajaran Teknik Dasar Tolak Peluru Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti dengan siswa kelas VII di SMPN 12 Malang pada tanggal 08 Januari 2015 pembelajaran tolak peluru gaya menyamping belum pernah menggunakan variasi permainan pada saat proses pembelajaran. Pada penelitian awal melalui penyebaran angket analisis kebutuhan (need assessment) kepada 1 guru Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan dan 30 siswa kelas VII di SMPN 12 Malang diperoleh hasil materi yang paling sulit dikuasai oleh siswa adalah tolak peluru gaya menyamping. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan variasi permainan pada pembelajaran tolak peluru yang lebih bervariatif. Melalui model pembelajaran teknik dasar tolak peluru diharapkan pengembangan ini dapat menjadi solusi dalam pembelajaran agar siswa di SMPN 12 Malang lebih antusias dan semangat dalam mengikuti pembelajaran tolak peluru. Penelitian yang dilaksanakan pada siswa kelas VII di SMPN 12 Malang ini termasuk penelitian dan pengembangan (research and developmet). Dalam penelitian pengembangan ini teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan persentase. Teknik ini digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket. Produk pengembangan yang dihasilkan adalah buku panduan model pembelajaran teknik dasar tolak peluru gaya menyamping yang terdiri dari (1) Permainan Tolakan Bola Sasaran (2) Permainan Tolakan Menyilang (3) Permainan Tolakan Zig Zag (4) Permainan Tolakan Bola Estafet (5) Permainan Tolakan Lingkaran (6) Permainan Tolakan Bom-boman (7) Permainan Tolakan Berburu Tikus Kucing (8) Permainan Tolakan Merah Putih. Hasil pengembangan model pembelajaran teknik dasar tolak peluru gaya menyamping di SMPN 12 Malang diperoleh data sebagai berikut (1) Hasil evaluasi ahli atletik 75-93% (dapat digunakan) (2) Hasil evaluasi ahli pembelajaran 75-100% (dapat digunakan) (3) Hasil evaluasi ahli permainan 75-78% (dapat digunakan) (4) Hasil evaluasi ahli media 75-90% (dapat digunakan) (5) Hasil uji coba kelompok kecil 85 93-89 84% (dapat digunakan) (6) Hasil uji coba kelompok besar 86 97-90 10% (dapat digunakan) sehingga produk pengembangan ini layak dan praktis untuk digunakan. Hasil pengembangan model pembelajaran teknik dasar tolak peluru di SMPN 12 Malang dapat disimpulkan bahwa menarik dilakukan oleh siswa model pembelajaran aman dilakukan oleh siswa model pembelajaran mudah dan tepat dilakukan oleh siswa serta bermanfaat untuk siswa. Produk yang dikembangkan menarik dilakukan karena model pembelajaran lebih bervariatif. Model pembelajaran aman dilakukan karena setiap permainan berkonsep sederhana dan menarik sehingga siswa lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Apr 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50220

Actions (login required)

View Item View Item