Profil dan motivasi kesertaan siswa sekolah mengikuti lembaga bimbingan belajar (survey pada siswa SD, SMP, dan SMA di LBB Ganesha Operation Jl. Bandung Kota Malang) / Ali Mustofa - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil dan motivasi kesertaan siswa sekolah mengikuti lembaga bimbingan belajar (survey pada siswa SD, SMP, dan SMA di LBB Ganesha Operation Jl. Bandung Kota Malang) / Ali Mustofa

Mustofa, Ali (2013) Profil dan motivasi kesertaan siswa sekolah mengikuti lembaga bimbingan belajar (survey pada siswa SD, SMP, dan SMA di LBB Ganesha Operation Jl. Bandung Kota Malang) / Ali Mustofa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mustofa Ali. Profil dan Motivasi Kesertaan Siswa Sekolah Mengikuti LBB (Survey pada Siswa SD SMP dan SMA di LBB Ganesha Operation Jl. Bandung Kota Malang). Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Supriyono M.Pd (2) Drs. H. Lasi Purwito M.S. Kata Kunci Lembaga Bimbingan Belajar (LBB) Pendidikan Nonformal Dalam meningkatkan kualitas belajar anak perlu adanya program-program belajar yang relevan. Adanya berbagai lembaga bimbingan belajar yang berdiri menunjukkan bahwasannya masyarakat ingin memberikan pendidikan yang lebih baik bagi putri-putrinya. Profil siswa yang ikut bimbingan belajar rata-rata menengah keatas walaupun tidak menutup kemungkinan orang dengan status sosial rendah ingin memasukkan anaknya ke LBB karena memiliki motivasi tinggi buat pendidikan anak yang terbaik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) profil karakteristik pribadi dan sosial siswa (2) persepsi tentang prestasi belajar (3) motivasi kesertaan siswa dan (4) hubungan antara persepsi tentang prestasi belajar dengan keaktifan belajar siswa. Metode yang digunakan melalui pendekatan kuantitatif deskriptif dengan desain survey dan studi korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD SMP dan SMA yang berjumlah 716 orang dengan sampel total 107 dengan rincian SD 49 SMP 37 dan SMA 21 orang. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner teknik analisis data yang digunakan adalah statistik frekuensi dan korelasi menurut pearson yang diolah menggunakan komputer program SPSS. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) karakteristik pribadi dan sosial siswa dalam status sosial menengah ke atas rata-rata orang tua siswa SMP dan SMA berada dalam kategori menengah ke atas dan untuk orang tua SD rata-rata kurang mampu (2) persepsi tentang prestasi belajar cukup tinggi dengan rata-rata tiap jenjang sekolah baik SD SMP dan SMA (3) motivasi kesertaan siswa mengikuti LBB sangat tinggi baik di semua jenjang dan (4) hubungan antara persepsi tentang prestasi belajar di sekolah dengan keaktifan belajar peserta didik diantara jenjang sekolah SD/MI SMP/MTs dan SMA/MA hanya siswa-siswi SD/MI yang menunjukkan adanya hubungan keduanya. Hal ini ada hubungan antara persepsi tentang prestasi belajar dengan keaktifan belajar siswa SD/MI. Dari hasil penelitian disarankan pada (1) lembaga agar penelitian ini dijadikan bahan masukan yang relevan dalam pengembangan strategi marketing guna memilih pasar konsumen yang potensial (2) sekolah karena dapat dijadikan bahan masukan pengembangan strategi akademik untuk meningkatkan hasil kualitas pembelajaran melalui program pengayaan (3) Dinas pendidikan karena bisa menjadi bahan acuan pengembangan program-program pendidikan yang relevan (4) orang tua bisa menjadikan ini bahan pertimbangan dalam memilih lembaga bimbingan belajar yang berkualitas untuk menunjang belajar anak di rumah dan (5) jurusan PLS dapat dijadikan literatur ilmu pengetahuan di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5022

Actions (login required)

View Item View Item