Pengembangan media pembelajaran berbasis website pada materi kebugaran jasmani di SMK Cendika Bangsa Kepanjen Kabupaten Malang / Reynald Bestarianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis website pada materi kebugaran jasmani di SMK Cendika Bangsa Kepanjen Kabupaten Malang / Reynald Bestarianto

Bestarianto, Reynald (2016) Pengembangan media pembelajaran berbasis website pada materi kebugaran jasmani di SMK Cendika Bangsa Kepanjen Kabupaten Malang / Reynald Bestarianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Bestarianto Reynald. 2015. Pengembangan Media PembelajaranBerbasisWebsitepadaMateriKebugaranJasmani di SMK CendikaBangsaKepanjenKabupaten Malang. Skripsi JurusanPendidikanJasmanidanKesehatan FakultasIlmuKeolahragaan UniversitasNegeri Malang Pembimbing (I) Drs. Oni BagusJanuarto M.Kes. (II) Febrita Paulina Heynoek S.Pd. M.Pd. Kata Kunci pengembangan media pembelajaran website kebugaranjasmani. Kebugaranjasmaniadalahkemampuanseseorangdalammelakukanaktivitaskesehariantanpamengalamikelelahan yang berarti danmasihmempunyaicadangansisatenagauntukmelakukanaktivitas yang lain. Analisayang dilakukanpenelitikepada24 siswa SMK CendikaBangsaKepanjenKabupatenMalangmelaluipenyebaranangketsecaraacak terungkap 79 17% menyatakansedikitmemahamimateri yang telahdiberikan 62 5% menyatakanbahwa guru belumpernahmenggunakan media pembelajarandalampenyampaianteori. Untukmeningkatkanpemahamansiswadarimateri yang disampaikan makamedia pembelajaranberbasiswebsiteharusdiberikanuntukmemudahkansertamengefektifkanpenyampaianmaterikebugaranjasmani. Penelitianinibertujuanuntukmengembangkan media pembelajaran kebugaran jasmani berbasis website sebagai media belajaryang layak digunakan dalam kegiatan belajar mengajar di SMK Cendika Bangsa Kepanjen Kabupaten Malang. Produk tersebut akan dikemas dalam bentuk website online. Metodepenelitiandanpengembanganinimengacupada model proseduralatau model pengembanganresearch and developmentdari Borg and Gall yang terdiridari 10 langkahpenelitian namunpenelitihanyamenggunakan 7langkahyaitu (1) analisisproduk yang dikembangkan (2) rancanganprodukawal (3) evaluasiparaahli (4) ujicobakelompokkecil (5) revisiproduk (6) ujicobakelompokbesardanrevisiprodukakhir (7) hasilprodukakhirpengembangan. Berdasarkanhasildariujicobakelompokkecildari 10pesertaujicobaadalah 83% hasilnyacukup valid sedangkanhasildariujicobakelompokbesardari 36pesertaujicobaadalah 86 11% hasilnyasangat valid dandisimpulkanbahwamedia pembelajaranberbasiswebsite padamaterikebugaranjasmani di SMK CendikaBangsaKepanjenKabupaten Malang dapatdigunakan.Produk yang dihasilkanberupawebsite online dengantampilan menu home submenu materikelas X XI dan XII menu forum chatting kuisdan video. Kesimpulanpenelitianinimeliputi (1) hasilakhirdaripenelitiandanpengembanganiniberupa media pembelajaran yang berbasiswebsite padamaterikebugaranjasmani (2) media pembelajaran yang berbasiswebsite padamaterikebugaranjasmanidapatdimanfaatkanuntuksiswakelas X XI dan XII SMK/SMA. Saran penelitianinimeliputi (1) sebelum digunakan dalam lingkup masal atau lebih luas lagi hendaknya dilakukan pengkajian ulang tentang SKKD yang digunakansecaranasional (2) sebaiknyadalampenelitianpengembangandilakukanpadasubjek yang lebihluaslagi misalnyasecaranasional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50204

Actions (login required)

View Item View Item