Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif ilmu pengetahuan alam kelas V semester 1 materi pokok perubahan sifat benda di SDN Lowokwaru 3 Malang / Handoko Dwi Basuki - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif ilmu pengetahuan alam kelas V semester 1 materi pokok perubahan sifat benda di SDN Lowokwaru 3 Malang / Handoko Dwi Basuki

Basuki, Handoko Dwi (2014) Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif ilmu pengetahuan alam kelas V semester 1 materi pokok perubahan sifat benda di SDN Lowokwaru 3 Malang / Handoko Dwi Basuki. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dwi Handoko. B. 2014. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V Semester I Materi Pokok Perubahan Sifat Benda Di SDN Lowokwaru 3 Kota Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs. H. Zainul Abidin M.Pd (II) Yerry Soepriyanto S.T M.T. Kata Kunci Pengembangan Multimedia Interaktif IPA SD Perubahan Sifat Benda. Multimedia pembelajaran interaktif merupakan media pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk belajar yang meliputi unsur teks gambar audio animasi dan video Multimedia ini bersifat interaktif dalam hal ini pengguna / siswa diberikan kebebasan memilih materi yang akan dipelajari serta mendapat balikan. Dalam mempelajari materi perubahan sifat benda mengandung unsur gerak sehingga materi tersebut harus dijelaskan melalui teks gambar audio video dan animasi yang terdapat pada multimedia interaktif maka dari itu multimedia interaktif diperlukan siswa dalam mempelajari materi perubahan sifat benda agar lebih efektif. Tujuan dari pengembangan yaitu untuk menghasilkan suatu produk multimedia pembelajaran interaktif yang valid sebagai sumber belajar yang efektif dalam mata pelajaran IPA kelas V materi perubahan sifat benda. Penelitian ini menggunakan model pengembangan media pembelajaran Lee W.W. Owens D.L. langkah-langkah pengembangan ini yaitu Analisis kebutuhan analisis awal-akhir desain pengembangan dan implementasi evaluasi. Subjek penelitian dalam validasi pengembangan ini yaitu siswa kelas V SDN Lowokwaru 3 Kota Malang. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Multimedia pembelajaran interaktif ini divalidasi oleh 1 orang ahli media dan 1 orang ahli materi serta pada ujicoba perorangan sebanyak 2 orang uji coba kelompok kecil sebanyak 14 orang dan uji coba kelompok besar sebanyak 28 orang untuk mengetahui hasil belajar siswa oleh audiens sebanyak 44 orang. Setelah dilakukan metode analisis hasil validasi multimedia pembelajaran interaktif ini dinyatakan valid dengan hasil perhitungan ahli media didapatkan skor prosentase sebesar 88.88% ahli materi sebesar 91 66% dari ujicoba perseorangan didapat skor prosentase sebesar 92 50% dari ujicoba kelompok kecil didapat skor prosentase 91 78% dan ujicoba kelompok besar didapat skor presentase 93 19%. Hal ini menunjukan bahwa multimedia pembelajaran interaktif ini dinyatakan valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Multimedia interaktif ini dinyatakan efektif hal ini terbukti dari skor tes hasil belajar jumlah siswa yang memenuhi KKM ( 8805 75) didapat prosentase sebesar 97 72% setelah penggunaan multimedia interaktif. Disarankan untuk pengembang selanjutnya bisa mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif ini lebih baik lagi tepat guna tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/502

Actions (login required)

View Item View Item