Dwijayanto, Oki (2016) Pengembangan buku elektronik materi teknik dasar mengoper dan menembak bolabasket bagi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 9 Malang / Oki Dwijayanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Dwijayanto Oki. 2015. Pengembangan Media Ajar Materi Teknik Dasar Mengoper dan Menembak Bolabasket Melalui Buku Elektronik Bagi Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 9 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Oni BagusJanuarto M.Kes. (II)Febrita Paulina Heynoek S.Pd M.Pd. Kata kunci buku elektronik mengoper menembak bolabasket. Penggunaan e-book di dalam pembelajaran merupakan media yang diminati oleh peserta didik. Hal ini disebabkan media elektronikberbasiskomputerlebihmenarikdanvariatif. Berdasarkandarihasilwawancara yang dilakukanpenelitidenganpendidikdanobservasipadapesertadidik di SMP Negeri 9 Malang padatanggal 15 Januari 2015 diketahuibahwaketersediaan media pembelajaran yang terdapatpadasekolahberupaLCDproyektordanjugajugaalat bantu pengerassuara di setiapkelas denganpresentase 90% masihberfungsidenganbaik. Dan setiappenyampaianmateri di kelas pendidikmenggunakan media power point sebagai media penyampaiannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media ajar materiteknikdasarmengoperdanmenembakbolabasketmelaluibukuelektronikbagipesertadidikkelas VIII SMP Negeri 9 Malang diharapkandapatmembantupesertadidikdalammenerimamateridanmampubelajarsecaramandiri di luar jam sekolah. Metodepenelitiandanpengembanganinimengacupada model proseduralatau model pengembanganresearch and developmentdari Borg and Gall yang terdiridari 10 langkahpenelitian namunpenelitihanyamenggunakan 8 langkahyaitu (1) analisisproduk yang dikembangkan (2) rancanganprodukawal (3) evaluasiparaahli (4) ujicobakelompokkecil (5) revisiproduk (6) ujicobakelompokbesar (7) revisiprodukakhir (8) hasilprodukakhirpengembangan.Hal inidisebabkankarenalangkah-langkah yang diambildisesuaikandengankebutuhanpenelitiandanpengembangan yang akanditeliti. Berdasarkan hasil dari uji coba kelompok kecil dengan jumlah peserta didik sebanyak 8 orang diperoleh persentase sebesar 78% hasilnya baik dan hasil dari uji coba kelompok besar dengan jumlah peserta didik sebanyak 35 orang diperoleh persentase sebesar 80% hasilnya baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengembangan media ajar materi teknik dasar mengoper dan menembak bolabasket melalui buku elektronik bagi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 9 Malang dapat digunakan dalam proses pembelajaran khususnya dalam materi teknik dasar bolabasket. Kesimpulandan saran dari penelitian ini meliputi (1) hasilakhirdaripenelitiandanpengembanganiniberupapengembangan materi teknik dasar mengoper dan menembak bolabasket melalui buku elektronik (2) pengembangan buku elektronik ini dapat dimanfaatkan peserta didik untuk lebih menguasai teknik dasar mengoper dan menembak bolabasket (3) untuksasaranpenelitianatausubjekpenelitiandiharapkantidakhanyasebataspadapesertapesertaekstrakurikuler SMP Negeri9Malang saja tetapijugasekolah-sekolah lain dandalamlingkup yang lebihluaslagi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jan 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50196 |
Actions (login required)
View Item |