Herlambang, Joka (2016) Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran variasi gerak dasar ke dalam modifikasi atletik menggunakan metode bermain pada siswa kelas V SD Negeri 3 Ngadisuko Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek / Joka Herlambang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Herlambang Joka. 2015. Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Variasi Gerak Dasar Ke Dalam Modifikasi Atletik Menggunakan Metode Bermain Pada Kelas V SD Negeri 3 Ngadisuko Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Supriyadi M.Kes. (II) Febrita Paulina Heynoek S.Pd. M.Pd. Kata Kunci keaktifan pembelajaran gerak dasar atletik bermain. Pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan variasi gerak dasar merupakan salah satu materi yang diajarkan di Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil observasi awal diperoleh hasil bahwa keaktifan siswa kelas V SD Negeri 3 Ngadisuko Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek dalam pembelajaran variasi gerak dasar tergolong rendah karena dari ketiga indikator keaktifan yang diamati seperti a) Keaktifan dalam Pembelajaran 50% b) Enjoy/senang 45% c) Motivasi 47 5%. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran variasi gerak dasar menggunakan metode bermain agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal. Metode bermain yang digunakan yaitu permainan piring terbang pemburu hantu kotak misteri cumi bakar pasang cincin dan ambil cumi. Rancangan penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran variasi gerak dasar kelas V SD Negeri 3 Ngadisuko Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek dengan menggunakan Metode bermain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan siswa mengalami peningkatan pada pembelajaran gerak dasar atletik selama siklus I dan siklus II. Dari indikator a) keaktifan dalam pembelajaran 53 9% pada siklus I meningkat menjadi 78 5% siklus II indikator b) enjoy/senang 55 5% pada siklus I meningkat menjadi 80 6% siklus II dan indikator c) motivasi 49 1% pada siklus I meningkat menjadi 80 1% siklus II. Berdasarkan hasil temuan pada penelitian dapat disimpulkan bahwa Metode bermain yang diberikan oleh guru dalam penelitian dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran gerak dasar atletik pada siswa kelas V SD Negeri 3 Ngadisuko Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek. Sedangkan saran berdasarkan penelitian ini a) pemahaman guru akan keaktifan siswa perlu ditingkatkan yang bertujuan agar kualitas pembelajaran semakin baik b) guru diharapkan lebih kreatif dan variatif dalam penyampaian materi pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Jan 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50191 |
Actions (login required)
View Item |