Sulaksana, Trisula (2015) Pengembangan aktivitas permainan untuk pembelajaran gerak dasar lari dan lompat siswa Sekolah dasar kelas 1,2 dan 3 / Trisula Sulaksana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sulaksana Trisula. 2015. Pengembangan Aktivitas Permainan untuk Pembelaja ran Gerak Dasar Lari dan Lompat Siswa Sekolah Dasar Kelas 1 2 dan 3. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tatok Sugiarto S. Pd. M. Pd. (II) Drs. Oni Bagus Januarto M. Kes. Kata Kunci pengembangan pembelajaran gerak dasar lari dan lompat permainan. Pembelajaran atletik khususnya pada pembelajaran gerak dasar pada masa sekarang kenyataannya menjadi pembelajaran yang kurang begitu disenangi oleh siswa dikarenakan siswa merasa pembelajaran tersebut dirasa kurang menyenangkan. Hal tersebut biasanya disebabkan oleh beberapa hal salah satunya dikarenakan kurangnya variasi dari guru pendidikan jasmani dalam memberikan materi pembelajaran. Guru pendidikan jasmani juga harus mampu mengemas pembelajaran atletik khususnya gerak dasar lari dan lompat menjadi kegiatan yang menarik dan menyenangkan untuk dilakukan oleh siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan pembelajaran gerak dasar lari dan lompat dengan menggunakan aktivitas permainan untuk siswa sekolah dasar kelas 1 2 dan 3 di SDN Sumberejo Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo agar siswa lebih senang dan antusias. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan research and development Borg and Gall. Dari sepuluh langkah pengembangan yang dikemukakan oleh Borg and Gall peneliti tidak menggunakan keseluruhan tetapi hanya menggunakan 7 langkah yang meliputi (1) pengumpulan informasi (2) rancangan produk awal (3) evaluasi ahli (4) revisi I rancangan produk (5) uji coba tahap I (6) revisi II dan uji coba tahap II (7) revisi dan produk akhir. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari ujicoba kelompok kecil dengan subjek berjumlah 6 siswa diperoleh hasil 97 84 % (sangat valid) sedangkan ujicoba kelompok besar dengan subjek berjumlah 30 siswa diperoleh hasil 97 20 % (sangat valid) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaan gerak dasar lari dan lompat menggunakan aktivitas permainan bisa digunakan pada siswa kelas 1 2 dan 3 di SDN Sumberejo Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo. Produk pengembangan aktivitas permainan ini digunakan untuk menunjang kegiatan pembelajaran gerak dasar lari dan lompat pada siswa sekolah dasar di SDN Sumberejo Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo. Aktivitas permainan gerak dasar lari dan lompat ini diharapkan bisa dikembangkan lagi supaya lebih bervariatif sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang lebih maksimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Oct 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50187 |
Actions (login required)
View Item |