Yunanto, Toni Fitria (2015) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran PJOK pada materi budaya hidup sehat di kelas VIII MTs Nurul Huda Banjarsari Selorejo Blitar / Toni Fitria Yunanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Yunanto Toni Fitria. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mata Pelajaran PJOK pada Materi Budaya Hidup Sehat Di Kelas VIII MTs Nurul Huda Banjarsari Selorejo Blitar. Skripsi Jurusan PJK Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Saichudin M.Kes. (2) dr. Agung Kurniawan M.Kes. Kata kunci model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) aktivitas hasil belajar PJOK. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan observasi awal dan wawancara singkat dengan guru kelas VIII yaitu Bapak Arif menunjukkan bahwa hasil belajar mata pelajaran PJOK masih rendah. Hasil belajar dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar mata pelajaran PJOK yang dicapai hanya 65 50. Nilai tersebut masih di bawah KKM yang ditetapkan yaitu sebesar 70. Selain itu rendahnya hasil belajar mata pelajaran PJOK dipicu oleh aktivitas siswa selama pembelajaran yang masih kurang. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran PBL pada pembelajaran PJOK kelas VIII MTs Nurul Huda Banjarsari Selorejo Blitar (2) Mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa kelas VIII MTs Nurul Huda Banjarsari Selorejo Blitar dengan menggunakan model pembelajaran PBL (3) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar mata pelajaran PJOK siswa kelas VIII MTs Nurul Huda Banjarsari Selorejo Blitar dengan menggunakan model pembelajaran PBL. 12288 12288 12288 12288 Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan rancangan penelitian ini mengacu kepada model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di MTs Nurul Huda Banjarsari Selorejo Blitar pada semester II tahun pelajaran 2014/2015 dengan subyek berjumlah 30 siswa. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa penggunaan model PBL dapat terlaksana dengan baik hal ini dapat dilihat dari semua langkah-langkah model PBL telah dilaksanakan oleh guru. Aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai persentase ketuntasan klasikal sebesar 60% meningkat menjadi 83 33% pada siklus II. Hasil belajar mata pelajaran PJOK meningkat ditunjukkan hasil belajar siswa pada pra tindakan nilai rata-rata siswa hanya 65 50 dengan persentase ketuntasan klasikal 36 67%. Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 69 73 dengan persentase ketuntasan klasikal 53 33% dan meningkat lagi pada siklus II nilai rata-rata siswa mencapai 80 17 dengan persentase ketuntasan klasikal 86 67%. 12288 12288 12288 12288 Kesimpulan penelitian ini yaitu secara keseluruhan penerapan model PBL telah berhasil dilaksanakan aktivitas belajar dan hasil belajar mata pelajaran PJOK dapat meningkat melalui penggunaan model PBL. Disarankan agar guru dapat mencoba model PBL dalam pembelajaran pada materi lain untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Oct 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50186 |
Actions (login required)
View Item |