Hubungan kemampuan bercerita guru dengan kecerdasan linguistik anak di pos PAUD se-kecamatan Sukun Kota Malang / Raisa Larasati Rahma Putri

Putri, Raisa Larasati Rahma (2013) Hubungan kemampuan bercerita guru dengan kecerdasan linguistik anak di pos PAUD se-kecamatan Sukun Kota Malang / Raisa Larasati Rahma Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Putri, Raisa Larasati Rahma. 2013. Hubungan Kemampuan Bercerita Guru dengan Kecerdasan Linguistik Anak di Pos PAUD Se-Kecamatan Sukun Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ach Rasyad, M.Pd, (II) Dra. Umi Dayati, M.Pd Kata Kunci :BerceritaGuru, Kecerdasan Linguistik Anak, PAUD Kemampuan bercerita guru hendaknya diselaraskan antara jalur formal, nonformal, dan informal, namun pada kenyataannya di Pos PAUD Se-Kecamatan Sukun Kota Malang upaya pembelajaran bercerita guru pada anak kurang selaras dengan kecerdasan linguistik anak usia dini. Penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan kemampuan bercerita guru (penguasaan syarat bercerita guru, penguasaan teknik bercerita guru, penguasaan guru menghidupkan suasana bercerita, penguasaan bentuk bercerita guru, dan kecerdasan linguistik (bahasa) anak, serta untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara variabel-variabel tersebut. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional. Data didapat dari hasil penelitian melalui penyebaran angket pada tiap-tiap variabel yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan syarat bercerita guru dengan kecerdasan linguistik anak, (2) terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan teknik bercerita guru dengan kecerdasan linguistik anak, (3) ada hubungan yang signifikan antara penguasaan menghidupkan suasana bercerita dengan kecerdasan linguistik anak, (4) ada hubungan yang signifikan antara penguasaan bentuk kegiatan bercerita guru dengan kecerdasan linguistik anak. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa kemampuan bercerita guru yang tepat dapat meningkatkan kecerdasan linguistik anak (diukur berdasarkan kurikulum Pos PAUD dan teori-teori yang ada). Adapun saran yang peneliti ajukan adalah (1) Diknas Pendidikan perlu menyelenggarakan kerja sama dengan Universitas Negeri Malang untuk program pelatihan, (2) Bahan referensi penelitian selanjutnya bagi jurusan Pendidikan Luar Sekolah, (3) Perlu mengadakan program parenting education bagi Pos PAUD yang belum dengan tema bercerita untuk anak usia dini, (4) Dewan guru di Pos PAUD Se-Kecamatan Sukun hendaknya lebih mengoptimalkan kemampuan bercerita tentang syarat, teknik, menghidupkan suasana, dan bentuk bercerita untuk perkembangan kecerdasan linguistik anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5018

Actions (login required)

View Item View Item