Pengembangan model-model permainan lempar dan tangkap untuk pembelajaran softball bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Malang / Muh. Faz'ul Akbar A.

Akbar A., Muh. Faz'ul (2015) Pengembangan model-model permainan lempar dan tangkap untuk pembelajaran softball bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Malang / Muh. Faz'ul Akbar A. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Akbar, Muhammad FazÔÇÖul.2015. Pengembangan Model-Model Permainan Lempar dan Tangkap Untuk Pembelajaran Softball Bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) I Nengah Sudjana, S.Pd, M.Pd. (II) Drs. Mardianto, M.Kes. Kata Kunci : pengembangan, model permainan, lempar dan tangkap, softball Berdasarkan observasi awal yang dilakukan tanggal 7-8 Februari 2014 di SMP Negeri 1 Malang, bahwa pada pelajaran penjaskes, guru memberikan materi softball. Namun pada waktu pembelajaran guru tidak pernah memberikan model permainan lempar dan tangkap untuk pembelajaran softball. Model-model permainan sangat dibutuhkan oleh para siswa. Pada peneltian awal melalui pengisian angket yang diisi oleh 40 siswa/siswi di SMP Negeri 1 Malang. Diketahui 28 atau 63,6% siswa menyatakan pembelajaran softball kurang menyenangkan, 24 atau 56,6% siswa memerlukan model-model permainan dalam pembelajaran softball dan 30 siswa atau 83,3% siswa menyatakan sangat setuju jika dikembangkan model-model permainan lempar tangkap dalam pembelajaran softball. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model-model permainan lempar dan tangkap softball menggunakan media buku panduan untuk mempermudah guru dalam proses pembelajaran. Selain itu, penelitian ini diharapkan dapat menambah minat siswa dalam belajar materi softball. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan metode prosedural dari Borg dan Gall. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dengan persentase. Teknik ini digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket. Hasil pengembangan model-model permainan lempar dan tangkap sotball diperoleh data sebagai berikut: (1) justifikasi ahli permainan masuk kriteria baik sekali, (2) justifikasi ahli pembelajaran sotball masuk kriteria baik, (3) justifikasi ahli media masuk kriteria baik, (4) penilaian guru pendidikan jasmani masuk kriteria baik. (5) uji coba kelompok kecil (85,45%) masuk kriteria baik sekali, (6) uji coba kelompok besar (87,68%) masuk kriteria baik sekali. Maka dengan hasil data tersebut produk layak dan dapat digunakan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa pengembangan model-model permainan lempar tangkap untuk pembelajaran softball dalam bentuk buku panduan ini mudah untuk dipahami dan dengan adanya produk ini dapat menambah pengetahuan baru tentang teknik dasar lempar tangkap softball. Maka peneliti menyarankan agar dilakukan penelitian selanjutnya yang menguji keefektifan produk yang dikembangkan. ii ABSTRACT Akbar, Muhammad FazÔÇÖul. 2015. The Development of Pitch and Catch Game Models to Improve the Learning of Softball for 8th Grade Students in SMP Negeri 1 Malang. Thesis. Sport and Health Education Major Sport Science Faculty State University of Malang. Advisors: (I) I Nengah Sudjana, S.Pd, M.Pd. (II) Drs. Mardianto, M.Kes. Keywords: development, game model, pitch and catch, softball Based on the preliminary study which was conducted on 7-8 February 2014 in SMP Negeri 1 Malang, the Sports teacher gave softball as a lesson. However, the teacher did not give pitch and catch game model in learning softball. Game models is needed by the students. In the preliminary study by giving questionnaire to 40 students in SMP Negeri 1 Malang, 28 or 63.6 % students stated that learning softball was not enjoyable, 24 or 56.6 % students needed game models in learning softball, 30 or 83.3 % students agreed with the development of pitch and catch game models in learning softball. This study aims at developing pitch and catch game models in softball by using guidance book to help teachers in the teaching and learning process. Moreover, this research is expected to improve studentsÔÇÖ interests in learning softball. The research design which was used in this study was Research and Development with procedural method from Borg and Gall. The data analysis technique which was used in this study was descriptive analysis technique with percentage. This technique used to analyze data which was obtained from distributing questionnaire to the students. The data which was obtained from the development of pitch and catch game models are as follows: (1) The justification from game experts belongs to the very good criteria; (2) The justification from softball learning experts belongs to the good criteria; (3) The justification from media experts belongs to the good criteria; (4) Sports teacherÔÇÖs score belongs to the good criteria; (5) The experiment in a small group (85.54 %) belongs to the very good criteria; (6) The experiment in a big group (87.68 %) belongs to the very good criteria. Therefore, with the data results above, the product is suitable and can be used in the teaching and learning process. Based on the research result, it can be concluded that the development of pitch and catch game models in learning softball in a form of a guidance book is easy to understand and this product has increased a new knowledge about basic techniques of pitch and catch in softball. Therefore, the researcher suggests that there will be a further study to try the effectiveness of the product.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50176

Actions (login required)

View Item View Item