Pengembangan senam aerobik dengan kombinasi zumba melalui video pembelajaran untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Malang / Tiassari Janjang Suminar - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan senam aerobik dengan kombinasi zumba melalui video pembelajaran untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Malang / Tiassari Janjang Suminar

Suminar, Tiassari Janjang (2015) Pengembangan senam aerobik dengan kombinasi zumba melalui video pembelajaran untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Malang / Tiassari Janjang Suminar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suminar Tiassari Janjang. 2015. Pengembangan Senam Aerobik Dengan Kombinasi Zumba Melalui Video Pembelajaran Untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs Tatok Sugiarto S.Pd M.Pd. Pembimbing (II) Dra. Sulistyorini M.Pd. Kata Kunci Pengembangan video pembelajaran senam aerobik kombinasi zumba Senam irama merupakan salah satu materi yang ada pada kurikulum 2013 jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam mata pelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan. Berdasarkan wawancara kepada guru olahraga dan observasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Malang diperoleh data bahwa pembelajaran senam iramakurang menarik kurang bervariasi dan guru belum memanfaatkan sarana media dalam proses pembelajaran sehingga siswa merasa membutuhkan media dalam proses pembelajaran senam irama karena lebih mudah dan lebih menarik oleh karena itu peneliti mengembangkan media pembelajaran yang berisi tentang materi senam aerobik dengan kombinasi zumba agar media pembelajaran tersebut dapat digunakan sebagai alternatif sumber belajar. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu untuk senam aerobik dengan kombinasi zumba melalui video pembelajaran untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Malang supaya siswa lebih aktif pada saat pembelajaran senam irama. Metode yang digunakan mengacu pada model pengembangan research and development Borg and Gall yang terdiri dari 10 langkah dan peneliti hanya mengambil 7 langkah. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini berupa model prosedural yaitu model yang bersifat deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan berupa kuisioner. Subyek penelitian terdiri dari subyek ahli meliputi ahli pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan 1 orang ahli pembelajaran 1 orang ahli media 1 orang dan ahli senam aerobik dan zumba 1 orang dan subyek uji coba berupa peserta didik berjumlah 30 orang. Jenis data yang diperoleh termasuk jenis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembanan senam aerobik dengan kombinasi zumba diperoleh presentase 81 25% dari ahli senam aerobik dan zumba diperoleh presentase 89 28% dari ahli media diperoleh presentase 82 81%pendidikan jasmani dan kesehatan diperoleh presentase 79 68% dari ahli pembelajaran. Dari hasil uji coba kelompok kecil yang dilakukan pada 10 siswa didapatkan reta-rata presentase 81 25% dan uji coba lapangan (uji coba kelompok besar) dilakukan pada 30 siswa dengan presentase 84 49%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran senam aerobik dengan kombinasi zumba memenuhi syarat kelayakan dapat digunakan sebagai media pembelajaran dalam materi senam irama di SMP Negeri 2 Malang. Hasil Produk pengembangan senam aerobik dengan kombinasi zumba dapat memudahkan siswa dalam mempelajari senam irama membuat siswa lebih tertarik dalam melakukan gerak senam irama video pembelajaran ini dapat digunakan siswa sebagai sumber belajar dan juga dapat dijadikan sebagai rujukan guru pendidikan jasmani dan kesehatan dalam materi pembelajaran senam irama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50172

Actions (login required)

View Item View Item