Huda, Moch. Nur (2015) Pengembangan model permainan paling cepat lari pendek untuk kelas VIII di SMP Negeri 1 Kejayan Kabupaten Pasuruan / Moch. Nur Huda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Huda Mochamad Nur. 2015. Pengembangan Model Permainan Paling Cepat Lari Jarak Pendek Untuk Kelas VIII di SMP Negeri 1 Kejayan Kabupaten Pasuruan. Skripsi Kompetensi Keahlian Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolaragaan Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (I) Drs. Agus Tomi M.Pd dan Dosen Pembimbing (II) Drs. Mardianto M.Kes. Kata Kunci Model Permainan Lari Jarak Pendek Atletik. Lari jarak pendek merupakan salah satu mata pembelajaran yang jarang diterapkan di sekolah-sekolah karena memerlukan model permainan lari jarak pendek dan juga siiswa tidak suka pembelajaran lari jarak pendek. Hal tersebut adalah menjadi salah satu masalah karena kompetensi yang ditetapkan oleh Kurikulum 2013 mencakup terutama pada lari jarak pendek Dari analisis kebutuhan yang dilakukan dengan menggunakan angket berupa kuesioner dan wawancara kepada siswa dan guru pendidikan jasmani di SMP Negeri 1 Kejayan Kabupaten Pasuruan diperoleh keterangan bahwa siswa senang berolahraga dan bermain serta setuju jika pembelajaran pendidikan jasmani khususnya materi lari jarak pendek (sprint) dilaksanakan melalui bermain. Tujuan penelitian dan pengembangan model permainan lari jarak pendek agar siswa mampu melakukan teknik dasar lari jarak pendek dan untuk menghasilkan buku panduan lari jarak pendek dan mengetahui kelayakan buku panduan. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah berupa model prosedurual pengembangan yang digunakan peneliti adalah borg and gall (1983 775) dan Ardhana (2002 9). Dalam penyusunan skripsi saya menggunakan 7 langkah yaitu (1) analisi kebutuhan (2) pebuatan produk awal (3) pengembangan produk awal (4) uji coba kelompok kecil (5) revisi produk (6) uji coba kelompok besar (7) produk akhir. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah model permainan paling cepat lari jarak pendek untuk Kelas VIII SMP Negeri 1 Kejayan Kabupaten Pasuruan. Berdasarkan hasil uji kelayakan dari validasi ahli media diperoleh persentase sebesar 76 2% validasi ahli atletik sebesar 75% validasi ahli pembelajaran presentase sebesar 90 62%. Uji coba kelompok kecil sebesar 83 75% dan uji coba kelompok besar sebesar 84 35. Rata-rata persentase kelayakan modul ajar secara keseluruhan adalah 84 05%. Berdasarkan kriteria kelayakan menurut Akbar dan Sriwiyana (2011 207) modul ajar dapat dinyatakan sangat layak dan dapat digunakan tanpa revisi. Kesimpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan agar siswa mampu melakukan gerak dasar lari jarak pendek dalam pembelajaran atletik. Saran dari peneliti agar dalam permainan lari jarak pendek ini lebih dikembangkan lagi dan berfariatif dan bisa disebarluasakan. i ABSTRACT Huda Mochamad Nur. 2015. Development Model the fastest Game Run the short distance To Class VIII in SMP Negeri 1 Kejayan Pasuruan Regency. Thesis. Competency Skills of physical education and health Faculty of sport State University of Malang. (I) the Supervising lecturer Drs. Agus Tomi M. Pd and (II) the Supervising Lecturer Drs. Mardianto M. Kes. Keywords Model Of The Game Running A Short Distance Athletics. Run a short distance learning is one eye that is rarely applied in schools because the game requires model run short distances and also the siiswa don t like learning run short distances. It is to be one of the problems because the competence established by the Curriculum 2013 includes mainly short-haul on the run From a needs analysis is done using the now in the form of a questionnaire and interviews to students and teachers of physical education in SMP state of 1 Kejayan Regency Pasuruan obtained information that students love to work out and play as well as agree if learning physical education especially the material ran the short distance (sprint) was implemented through the play. The purpose of the research and development model of the game run short distances so that students are able to perform basic techniques running short distances and to produce short-haul run Guidebook and find out the feasibility of guide books. Methods of research and development that is used is a model prosedurual development researchers used is the borg and gall (1983 775) and Ardhana (2002 9). In the preparation of thesis I use the 7 steps namely (1) analysis of needs (2) the initial product pebuatan (4) early product development (4) small group trials product revision (5) (6) testing large groups (7) the final product. The results of this research and development is the fastest game model run short distances for class VIII SMP Negeri 1 Kejayan Pasuruan Regency. Based on the results of the eligibility test validation expert media obtained the percentage of 76 2% expert validation of Athletics to 75% expert validation of learning percentage of 90 62%. Test a small group of 83 75% and test large groups of 84 35. The average percentage of the overall feasibility of the learning module is 84 05%. Based on eligibility criteria according to Akbar and Sriwiyana (2011 207) the module s learning can be expressed very viable and can be used without revision. The conclusions from the results of research that has been done so that students are able to perform basic motion ran the short distance learning in athletics. Advice from researchers in order to run a short distance in the game is more developed and berfariatif can be publication.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50158 |
Actions (login required)
View Item |