Pengembangan permainan "dribble and touching to win" pada siswa ekstrakurikuler bola basket di SMP Negeri 10 Blitar / Novi Kartika Sari Febrianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan permainan "dribble and touching to win" pada siswa ekstrakurikuler bola basket di SMP Negeri 10 Blitar / Novi Kartika Sari Febrianto

Febrianto, Novi Kartika Sari (2015) Pengembangan permainan "dribble and touching to win" pada siswa ekstrakurikuler bola basket di SMP Negeri 10 Blitar / Novi Kartika Sari Febrianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Febrianto Novi K.S. 2015. Pengembangan permainan dribble and touching to win pada siswa ekstrakurikuler bolabasket di SMP Negeri 10 Blitar .Skripsi JurusanPendidikanPendidikanJasmanidanKesehatan FakultasIlmuKeolahragaan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. M.E. Winarno M.Pd (II) Usman Wahyudi S.Pd. M.Pd Kata Kunci Permainan Dribble and Touching to Win LatihanDribbleBolabasket. Latihandribble di SMP Negeri 10 Blitar hasil Observasi awal dari 3 teknik dasar yaitu passing dribble dan shooting siswa banyak mengalami kesalahan dalam melakukan teknik dribble. Untuk penyebaran angket siswa kebanyakan siswa menyatakan bahwa mengalami kesulitan dalam teknik dribble serta materi latihan dribble yang kurang menarik. Jadi dapat disimpulkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam latihan teknik dribble. Oleh karena itu dibutuhkan penelitian dan pengembangan tentang model latihan dalam bentuk permainan. Sehubungan dengan hal tersebut telah dilakukan penelitian dan pengembangan tentang permainan dribble and touching to win pada siswa ekstrakurikuler bolabasket di SMP Negeri 10 Blitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model permainan dribble and touching to win yang berisi 6 permainan latihan dribble. Diharapkan pengembangan ini dapat menjadi solusi dalam latihan dribble untuk mengatasi kesulitan siswa dalam berlatih dribble. Model penelitian ini menggunakan model pengembangan yang konseptual yang artinya bersifat analistis yang memberikan komponen-komponen produk yang akan dikembangkan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan berupa observasi wawancara dan kuisioner. Subjek penelitian terdiri dari subjek ahli meliputi ahli permainan bolabasket 1 orang ahli permainan 1 orang dan ahli media 1 orang. Subjek ujicoba berupa siswa ekstrakurikuler bolabasket berjumlah 30 siswa. Jenis data yang diperoleh termasuk jenis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penilaian terhadap permainan dribble and touching to win ahli permainan bolabasket diperoleh persentase 74 16% ahli permainan diperoleh hasil 76 25% dan ahli media diperoleh hasil 78 49%. Hasilpersentaseujicobakelompokkecilyang berjulah 10 siswa adalah88 91%danhasilpersentaseujicobakelompokbesar yang berjumlah 20 siswaadalah 89 08%. Dari hasil persentase tersebut menyatakan bahwa produkpengembangan valid praktisdantepatsasaranuntukdigunakanpadasiswaekstrakurikulerbolabasket SMP Negeri 10 Blitardalamlatihandribble bolabasket. Kesimpulan hasil produk pengembangan permainan dribble and touching to win pada ekstrakurikuler bolabasket di SMP Negeri 10 Blitar dapat digunakan untuk latihan dribble bolabasket.Karena penelitian ini hanya terbatas pengembangan produk diharapkan ada penelitian selanjutnya yang menguji tingkat efektivitas produk yang telah dikembangkan ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50148

Actions (login required)

View Item View Item