Pengembangan pembelajaran prinsip gizi seimbang melalui multimedia interaktif untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Singosari / Very Nurantika Wias Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pembelajaran prinsip gizi seimbang melalui multimedia interaktif untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Singosari / Very Nurantika Wias Putri

Putri, Very Nurantika Wias (2015) Pengembangan pembelajaran prinsip gizi seimbang melalui multimedia interaktif untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Singosari / Very Nurantika Wias Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurantika W. P. Very. 2015. Pengembangan Pembelajaran Prinsip Gizi Seimbang Melalui Multimedia Interaktif untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Singosari. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. M. E. Winarno M.Pd. (2) dr. Agung Kurniawan M.Kes. Kata kunci Media pembelajaran prinsip gizi seimbang multimedia Prinsip gizi seimbang adalah susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat-zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dengan memerhatikan prinsip keanekaragaman atau variasi makanan aktivitas fisik kebersihan dan berat badan ideal untuk mencegah masalah gizi. Di dalam kurikulum pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan materi prinsip gizi seimbang merupakan materi yang diajarkan di sekolah pada tiap semester. Namun dalam pelaksanaannya di sekolah pembelajaran prinsip gizi seimbang masih kurang maksimal. Hal tersebut dikarenakan tidak adanya variasi media pembelajaran yang mengakibatkan minat dan tingkat pemahaman peserta didik dalam menerima pembelajaran prinsip gizi seimbang masih kurang . Untuk mengatasi kondisi tersebut dilakukan penelitian dan pengembangan pembelajaran prinsip gizi seimbang untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Singosari. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran baru berupa multimedia interaktif prinsip gizi seimbang yang diharapkan mampu meningkatkan minat dan pemahaman siswa. Model penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan research and development yang terdiri dari 7 langkah yaitu analisis kebutuhan awal pengembangan produk awal validasi ahli uji coba kelompok kecil revisi produk uji coba kelompok besar dan revisi produk akhir. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis kualitatif dan deskiptif dengan persentase. Berdasarkan pengumpulan data diperoleh hasil sebagai berikut (1) validasi ahli pembelajaran pendidikan jasmani diperoleh hasil 87 5% sehingga produk dinyatakan valid dan dapat digunakan (2) validasi ahli kesehatan diperoleh hasil 83 6% sehingga produk dinyatakan valid dan dapat digunakan (3) validasi ahli media diperoleh hasil 98% sehingga produk dinyatakan valid dan dapat digunakan (4) uji coba kelompok kecil diperoleh hasil 86 5% sehingga produk dinyatakan valid dan dapat digunakan tanpa revisi dan (5) uji coba kelompok besar diperoleh hasil 88 1% sehingga produk dinyatakan valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Produk berupa media pembelajaran berbasis flash yang ditujukan untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Singosari ini diharapkan mampu membantu guru dan siswa dalam mempermudah proses belajar mengajar materi prinsip gizi seimbang. Diharapkan dengan adanya media pembelajaran berupa multimedia interaktif prinsip gizi seimbang ini siswa memiliki minat dan semangat belajar serta tingkat pemahaman yang lebih tinggi untuk menerapkan konsep prinsip gizi seimbang dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50147

Actions (login required)

View Item View Item