Firmanda, Faris Rama (2015) Pengembangan pembelajaran teknik dasar dribbling, passing, shooting sepakbola kelas VII berbasis multimedia di SMP Negeri 18 Kota Malang / Faris Rama Firmanda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Firmanda Faris Rama 2015.PengembanganPembelajaranTeknikDasarDribbling Passing ShootingSepakbolaKelas VIIBerbasis Multimedia di SMP Negeri 18 Kota Malang.Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)I NengahSudjana S.Pd. M.Pd(II) FahrialAmiq S.Or. M.Pd Kata Kunci Pengembanganpembelajaran teknik dasar sepakbola multimedia Pendidikan jasmani merupakan sarana bagi peserta didik untuk memperoleh pengetahuan mengenai permainan dan olahraga tanpa adanya sebuah paksaan dan membuat peserta didik merasa gembira. Pemberian materi pendidikan jasmani dibagi dua yaitu secara praktik dan teori. Pemberian teori dalam kegiatan pendidikan jasmani sudah harus dikembangkan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan ketertarikan dari peserta didik dalam mengikuti kegiatan belajar dan mengajar khususnya dalam permainan sepakbola. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan pembelajaran teknik dasar sepakbola dengan menggunakan multimedia sebagai media pembelajaran di SMP sehingga peserta didik tertarik dan senang dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu metode penelitian dan pengembangan yang merujuk pada langkah-langkah dari Borg and Gall. Langkah pengembangan dalam penelitian ini menggunakan 7 langkah.Subjek uji coba meliputi tiga orang ahli pendidik dan peserta didik. Jenis data yang diperolehberbentuk datakualitatifdan data kuantitatif instrumen yang digunakan berupa angket dan kuesioner.Teknikanalisis data yang digunakanberupaanalisisdeskriptifkualitatifdankuantitatif. Berdasarkan hasilanalisis data yang diperolehdarihasil analisis kebutuhan 97 5% peserta didik membutuhkan pemberian materi berupa teori yang menarik dalam materi pendidikan jasmani khususnya sepakbola. Dengan itu peneliti melakukan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan multimedia flash. Tiga orang ahli menyatakan bahwa produk dapat digunakan dengan indikator kejelasan materi kemenarikan materi kesesuaian materi dan kemudahanmateri untuk dipahami. Hasil uji coba kelompok kecil 81 924%dengan indikator kejelasanmateri kemenarikanmateri kesesuaianmateri dan kemudahanmateri untuk dipahami hasilnya sangat baik dan dapat digunakan sedangkan dari uji coba kelompok besar diperoleh hasil 77 27%dengan indikator kejelasanmateri kemenarikanmateri kesesuaianmateri dan kemudahanmateri untuk dipahamiartinya baik dan dapat digunakan. Kesimpulan hasil penelitian bahwa multimedia flashdapat digunakan dalam pembelajaran teknik dasar dribbling passing dan shooting. Adapun saran dari penelitian ini bahwa pembelajaran dengan menggunakan multimediaflash diharapkandapatdiujicobakanpadakelompok yang lebihluasdandisosialisasikansehinggadapatdigunakansebagaimanamestinya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50135 |
Actions (login required)
View Item |