Pola asuh orang tua dalam menumbuhkan kemandirian fisik anak yang bersekolah di PAUD Mekar Bangsa Kelurahan Ngadirejo Kota Blitar / Febri Gangsar Arwanda - Repositori Universitas Negeri Malang

Pola asuh orang tua dalam menumbuhkan kemandirian fisik anak yang bersekolah di PAUD Mekar Bangsa Kelurahan Ngadirejo Kota Blitar / Febri Gangsar Arwanda

Arwanda, Febri Gangsar (2013) Pola asuh orang tua dalam menumbuhkan kemandirian fisik anak yang bersekolah di PAUD Mekar Bangsa Kelurahan Ngadirejo Kota Blitar / Febri Gangsar Arwanda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Arwanda Febri Gangsar. 2013. Pola Asuh Orang Tua Dalam Menumbuhkan Kemandirian Fisik Anak Yang Bersekolah Di PAUD Mekar Bangsa Kelurahan Ngadirejo Kota Blitar. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Endang Sri Redjeki M.S (2) Drs. Urib Urbiyanto M.S Kata Kunci Pola asuh kemandirian fisik anak PAUD 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pemahaman orang tua terhadap kemandirian fisik anak mengetahui upaya orang tua dalam menumbuhkan kemandirian fisik anak mengetahui tingkat kemandirian fisik anak dari upaya yang dilakukan orang tuadalam menumbuhkan kemandirian fisik. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Pengumpulan data yang dilakukan dengan tiga tahapan yaitu wawancara observasi dan studi dokumentasi. Sumber utama adalah orang tua bunda PAUD anak didik. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapanyaitu reduksi data penyajian data atau display data penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan melalui tiga cara yaitu perpanjangan keikutsertaan ketekunan pengamatan dan triangulasi. 12288 12288 12288 12288 Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah pola asuh yang diterapkan oleh ketiga orang tua berbeda-beda. Orang tua pertama dengan pola asuh yang cenderung membiarkan atau bisa disebut permisif dengan upaya yang belum maksimal yaitu masih melakukan pembiaran terhadap anak dan menghasilkan anak yang belum memiliki kemandirian fisik. Orang tua kedua dengan tipe pola asuh yang cenderung demokratis dengan upaya khusus yaitu dengan memberikan motivasi-motivasi kepada anak mampu menghasilkan anak yang sudah memiliki kemandirian secara fisik (dilakukan atas kemauan anak). Orang tua ke tiga dengan tipe pola asuh yang cenderung otoriter dengan upaya-upaya yang keras yaitu memerintah dengan nada tinggi dan memberikan hukuman apabila anak melakukan kesalahan mampu menghasilkan anak yang mandiri secara fisik (kemandirian dilakukan atas dasar rasa takut). 12288 12288 12288 12288 Dari hasil penelitian saran yang diajukan peneliti yaitu (1) Bagi orang tua diharapkan dapat memahami berbagai jenis pola asuh dan dampaknya terhadap perkembangan kemandirian fisik anak. Sehingga orang tua dapat menerapkan pola asuh yang lebih baik dampaknya terhadap kemandirian fisik anak yaitu pola asuh demokratis (2) Bagi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah diharapkan untuk dapat membantu memberikan pendampingan terhadap pendidik maupun calon pendidik untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman bahwa terdapat beberapa jenis pola asuh dan dampaknya terhadap pertumbuhan kemandirian fisik anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5012

Actions (login required)

View Item View Item