Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif pada pembelajaran seni budaya kelas X SMK PGRI 3 Kota Blitar / Anggriawan Fauzi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif pada pembelajaran seni budaya kelas X SMK PGRI 3 Kota Blitar / Anggriawan Fauzi

Fauzi, Anggriawan (2014) Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif pada pembelajaran seni budaya kelas X SMK PGRI 3 Kota Blitar / Anggriawan Fauzi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fauzi Anggriawan. 2014. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Pembelajaran Seni Budaya Kelas X SMK PGRI 3 Kota Blitar Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sulthon M.Pd (II) Dra. Susilaningsih M.Pd Kata Kunci Pengembangan Multimedia Seni Budaya 12288 12288 12288 12288 Multimedia pembelajaran merupakan kombinasi dua unsur media atau lebih seperti teks audio animasi dan video yang dalam penggunaannya dapat dikontrol secara interaktif guna mencapai tujuan pembelajaran. Multimedia pembelajaran dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada pembelajaran Seni Budaya. Dari hasil observasi awal di SMK PGRI 3 Kota Blitar diketahui bahwa kurang tertarik pada pembelajaran Seni budaya pembuatan karya yang kurang maksimal dan anggapan pembelajaran seni budaya yang kuno dan tidak disukai. 12288 12288 12288 12288 Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah multimedia pembelajaran interaktif pada pembelajaran seni budaya untuk memecahkan masalah yang terjadi di SMK PGRI 3 Kota Blitar . 12288 12288 12288 12288 Multimedia Pembelajaran Interaktif ini dikembangkan menggunakan Program Microsoft Powerpoint menjadi dua multimedia pembelajaran yaitu Multimedia Linier dan Multimedia Unlinier. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan model pengembangan model pengembangan Borg and Gall langkah-langkah pengembangan ini adalah Studi Pendahuluan (Research and Information Collecting) Merencanakan Penelitian (Planning) Pengembangan Desain (Develop Preliminary of Product) Uji Coba Awal (Preliminary Field Testing) Revisi Hasil Uji Coba Awal (Main Product Revision) Uji Coba Lapangan (Main Field Test) Revisi Hasi Uji Coba Lapangan (Operational Product Revision) Uji Kelayakan (Operational Field Testing) Revisi Final Hasil Uji Kelayakan (Final Product Revision) Desiminasi dan Implementasi Produk Akhir (Dissemination and implementation). Subyek penelitian dalam validasi pengembangan ini adalah siswa kelas X SMK PGRI 3 Kota Blitar. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari data tes hasil belajar. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari angket tanggapan ahli media ahli materi dan siswa tentang produk yang dihasilkan. 12288 12288 12288 12288 Multimedia pembelajaran ini telah divalidasikan pada ahli media (93 3%) dan ahli materi (90 %) serta telah direvisi dengan memperbaiki link dan petunjuk pemfaatan dibuat lebih menarik dan praktis. Hasil penyempurnaan multimedia ini diujikan pada siswa untuk melihat kemudahan dalam penggunaannya dan memperoleh hasil (78 65%). Pada tes hasil belajar siswa uji coba kelompok kecil 1 siswa dari 6 siswa tidak memenuhi KKM dan pada tes hasil belajar siswa uji coba lapangan semua siswa telah memenuhi KKM hal ini menunjukan bahwa multimedia interaktif pembelajaran ini memberikan efek yang positif dalam peningkatan hasil belajar siswa khususnya pembelajaran Seni Budaya pokok bahasan Dasar-dasar Kesenian dan Kebudayaan. 12288 12288 12288 12288

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/501

Actions (login required)

View Item View Item