Pengembangan media mobile learning sebagai sarana pembelajaran signal-signal wasit futsal untuk peserta ekstrakurikuler futsal di SMK se-kabupaten Blitar / Suharno - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media mobile learning sebagai sarana pembelajaran signal-signal wasit futsal untuk peserta ekstrakurikuler futsal di SMK se-kabupaten Blitar / Suharno

Suharno (2015) Pengembangan media mobile learning sebagai sarana pembelajaran signal-signal wasit futsal untuk peserta ekstrakurikuler futsal di SMK se-kabupaten Blitar / Suharno. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Suharno. 2014. Pengembangan Media Mobile Learning Sebagai Sarana Pembelajaran Signal-signal Wasit Futsal Untuk Peserta Ekstrakurikuler di SMK Sekabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Oni Bagus Januarto M.Kes. (II) Febrita Paulina Heynoek S.Pd. M.Pd. Kata Kunci pengembangan signal wasit futsal mobile learning. Olahraga merupakan kegiatan yang dilakukan untuk melatih tubuh seseorang futsal merupakan salah satunya. Futsal adalah permainan yang beranggotakan 5 pemain disetiap tim dalam permainan futsal terdapat signal wasit yang digunakan untuk memberikan kode peraturan yang digunakan oleh wasit. Berdasarkan penyebaran angket yang dilakukan peneliti terhadap peserta ekstrakurikuler futsal di SMK Se-Kabupaten Blitar pada tanggal 14 Juli 2014 diperoleh hasil 100% peserta ekstrakurikuler ingin mengerti signal wasit futsal. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membuat media pembelajaran mobile learning tentang signal wasit futsal untuk peserta ekstrakurikuler di SMK Se-Kabupaten Blitar agar dapat menambah pengetahuan tentang signal wasit futsal dan digunakan sebagai sumber belajar dalam kegiatan ekstrakurikuler. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan model pengembangan dari Borg and Gall dan disederhanakan menjadi 7 langkah langkah-langkah tersebut adalah (1) Melakukan Analisis produk yang akan dikembangkan (2) Mengembangkan produk awal (3) Validasi ahli (4) Uji coba kelompok kecil (5) Revisi produk (6) Uji coba kelompok besar (7) Revisi produk berdasarkan uji coba lapangan. Instrumen yang digunakan adalah berupa angket berisi tentang rancangan produk yang telah dibuat. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif berupa persentase. Buku digital ini dikembangkan melalui saran dan evaluasi para ahli yaitu ahli kepelatihan futsal ahli perwasitan futsal dan ahli media pembelajaran. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa pengembangan mobile learning tentang signal- signal wasit futsal di SMK Sekabupaten Blitar layak dan bisa digunakan oleh peserta dan pelatih ekstrakurikuler futsal di SMK Se-Kabupaten Blitar. Ahli kepelatihan ahli perwasitan futsal serta ahli media pembelajaran menyatakan produk pengembangan ini layak dan menarik untuk diberikan untuk peserta dan pelatih ekstrakurikuler di SMK Se-Kabupaten Blitar. Dari hasil uji coba kelompok kecil adalah 87% menyatakan bahwa produk mudah dipahami produk sangat menarik dan peserta sangat terbantu dengan produk pengembangan mobile lerarnig hasil uji coba kelompok besar adalah 86% menyatakan bahwa produk mudah dipahami sangat menarik dan sangat bermanfaat. Berdasarkan hasil pengembangan media pembelajaran mobile learning signal wasit futsal ini dapat dijadikan salah satu alternatif sumber belajar. Selain itu produk pembelajaran buku digital ini perlu adanya inovatif pelatih ekstrakurikuler ataupun pihak lain agar proses latihan lebih menarik dan variasi sehingga proses latihan dapat berjalan dengan lancar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50088

Actions (login required)

View Item View Item