Pengembangan pembelajaran renang gaya bebas menggunakan gaya mengajar inklusi pada siswa kelas X SMK Negeri 4 Malang / Wira Fals Hadi Pranoto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pembelajaran renang gaya bebas menggunakan gaya mengajar inklusi pada siswa kelas X SMK Negeri 4 Malang / Wira Fals Hadi Pranoto

Pranoto, Wira Fals Hadi (2015) Pengembangan pembelajaran renang gaya bebas menggunakan gaya mengajar inklusi pada siswa kelas X SMK Negeri 4 Malang / Wira Fals Hadi Pranoto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pranoto Wira Fals Hadi. 2014. Pengembangan Pembelajaran Renang Gaya Bebas Menggunakan Gaya Mengajar Inklusi Pada Siswa Kelas X SMKN 4 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Eko Hariyanto M.Pd. (2) Febrita Paulina H S.Pd M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Pembelajaran Renang Gaya Bebas Gaya Mengajar Inklusi Mata pelajaran pendidikan jasmani di SMKN 4 Malang masih menggunakan gaya mengajar demonstrasi yaitu gaya mengajar yang masih terpusat pada guru. Dari pembelajaran ini siswa tidak diberi kesempatan untuk berlatih pada tingkat kemampuan mereka sendiri. Untuk itu diperlukan suatu gaya mengajar sesuai dengan keterampilan yang dimiliki siswa. Gaya mengajar inklusi memberikan kesempatan kepada siswa untuk memulai latihan pada tingkat kemampuan sendiri. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan materi pembelajaran renang gaya bebas menggunakan gaya mengajar inklusi untuk siswa kelas X SMKN 4 Malang dengan harapan agar siswa antusias dalam mempelajari materi renang gaya bebas secara mandiri sehingga apabila belajar untuk ranah psikomotor dalam melakukan keterampilan renang gaya bebas ditunjang dengan ranah kognitif berupa pengetahuan tentang pembelajaran renang gaya bebas menggunakan gaya mengajar inklusi maka hasil dari pembelajaran renang gaya bebas akan lebih maksimal. Prosedur pengembangan mengacu pada model pengembangan Borg and Gall dengan memodifikasi dari 10 langkah menjadi 7 langkah yaitu observasi dan pengumpulan data mengembangkan produk evaluasi ahli uji coba kelompok kecil revisi produk awal uji coba kelompok besar revisi produk akhir. Tempat penelitian di SMKN 4 Malang subjek uji coba terdiri (1) Tinjauan ahli pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan renang dan media (2) Uji coba kelompok kecil (3) Uji coba kelompok besar. Hasil penelitian pengembangan ini adalah pengembangan pembelajaran renang gaya bebas menggunakan gaya mengajar inklusi pada siswa kelas X SMKN 4 Malang sebagai berikut ahli pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan yaitu I Nengah Sudjana S.Pd M.Kes memberikan hasil penilaian bahwa produk pengembangan sudah sesuai sehingga dapat digunakan dari ahli renang yaitu Dynar Putra Hidayatullah S.Pd memberikan hasil penilaian bahwa produk pengembangan sudah sesuai sehingga dapat digunakan begitupun dengan ahli media yaitu Darmawan Satyananda ST MT memberikan penilaian yang sama dari uji coba (kelompok kecil) siswa diperoleh persentase 76 96% (baik) dan uji coba (kelompok besar) siswa diperoleh persentase 76 11% (baik). Pengembangan pembelajaran renang gaya bebas menggunakan gaya mengajar inklusi mudah dilakukan siswa dan dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam melakukan renang gaya bebas. Produk ini diharapkan dapat dijadikan referensi guru SMKN 4 Malang terkait dalam pembelajaran renang gaya bebas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50086

Actions (login required)

View Item View Item