Pengembangan multimedia interaktif sepak bola sebagai media pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan untuk siswa kelas X SMA sederajat / Mukhamad Hidayatullah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif sepak bola sebagai media pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan untuk siswa kelas X SMA sederajat / Mukhamad Hidayatullah

Hidayatullah, Mukhamad (2015) Pengembangan multimedia interaktif sepak bola sebagai media pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan untuk siswa kelas X SMA sederajat / Mukhamad Hidayatullah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayatullah Mukhamad. 2015. Pengembangan Multimedia Interaktif Sepakbola Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk Siswa Kelas X SMA Sederajat. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Wasis D. Dwiyogo M.Pd (2) Febrita Paulina Heynoek S.Pd M.Pd. Kata kunci pengembangan permainan sepakbola multimedia interaktif media pembelajaran Sepakbola merupakan salah satu mata pelajaran yang selalu ada di dalam kurikulum pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yaitu masuk dalam materi bola besar. Dalam sebuah pembelajaran seorang guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan memerlukan sebuah media pembelajaran untuk mengoptimalkan belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan awal tentang media pembelajaran sepakbola yang dilakukan peneliti pada beberapa sekolah didaerah Malang Raya (SMK Negeri 2 Singosari SMK Negeri 2 Malang SMK Negeri 11 Malang SMK Negeri 5 Malang dan SMK PGRI 2 Malang) melalui pengisian angket terhadap 100 siswa dan 5 guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Diperoleh hasil analisis data sebagai berikut (1) Sebanyak 100% guru dan siswa menyatakan melaksanakan kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan materi sepakbola. (2) 100% guru belum pernah menggunakan media pembelajaran berupa multimedia interaktif. (3) 91% siswa menyatakan belum pernah mendapatkan materi sepakbola menggunakan media pembelajaran berupa multimedia interaktif. (4) 91% siswa menyatakan bahwa pengembangan multimedia interaktif sepakbola untuk kelas X dapat bermanfaat untuk pembelajaran. (5) Pernyataan kesetujuan akan diadakannya media pembelajaran berupa multimedia interaktif sepakbola diperoleh hasil 94% siswa dan 100% guru setuju diadakannya produk pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan berupa multimedia interaktif materi sepakbola untuk siswa kelas X SMA sederajat yang diharapkan dapat membantu mengoptimalkan kegiatan pembelajaran siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan tahap-tahap penelitian dan pengembangan dari model Borg and Gall (1983 775) yang sudah disederhanakan menjadi 7 langkah sesuai dengan saran Ardhana (2002 9) tahap-tahap dalam pengembangan tersebut adalah (1) Melakukan analisis kebutuhan (2) Membuat produk awal (3) Evaluasi ahli (4) Uji coba kelompok kecil (5) Revisi produk awal (6) Uji coba kelompok besar dan (7) Revisi produk akhir. Hasil akhir dari kegiatan penelitian dan pengembangan ini adalah berupa multimedia interaktif sepakbola sebagai media pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk siswa kelas X SMA sederjat yang dikemas dengan format exe menggunakan AutoPlay Media Studio 7.5. Penelitin dan pengembangan multimedia interaktif sepakbola ini berisi tentang materi sepakbola untuk siswa kelas X antara lain (1) hakikat sepakbola (2) sejarah sepakbola (3) sarana dan prasarana sepakbola (4) peraturan dasar sepakbola (5) teknik dasar bermain sepakbola (6) strategi dasar bermain sepakbola (7) perwasitan dasar sepakbola (8) latihan kebugaran dan (9) soal evaluasi interaktif. Hasil analisis data validasi ahli pembelajaran diperoleh hasil 79 31% dengan kategori cukup valid analisis data validasi ahli sepakbola diperoleh hasil 85 48% dengan kategori cukup valid dan analisis data validasi ahli media diperoleh hasil 88 85% dengan kategori sangat valid. Sedangkan hasil uji coba kelompok kecil diperoleh 89 91% dengan kategori sangat valid dan uji coba kelompok besar diperoleh hasil 92 02% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil yang diperoleh di atas maka dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan multimedia interaktif sepakbola sebagai media pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk siswa kelas X SMA sederjat ini layak digunakan oleh guru sebagai alternatif media pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan materi sepakbola.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50085

Actions (login required)

View Item View Item