Pengembangan pembiasaan diri sebagai upaya meningkatkan kecerdasan emosional pada pendidikan anak usia dini (studi kasus anak usia dini pada play group Insan Kamil Malang) / Arinda Prameswari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pembiasaan diri sebagai upaya meningkatkan kecerdasan emosional pada pendidikan anak usia dini (studi kasus anak usia dini pada play group Insan Kamil Malang) / Arinda Prameswari

Prameswari, Arinda (2013) Pengembangan pembiasaan diri sebagai upaya meningkatkan kecerdasan emosional pada pendidikan anak usia dini (studi kasus anak usia dini pada play group Insan Kamil Malang) / Arinda Prameswari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prameswari Arinda. 2013. Pengembangan Pembiasaan Diri Sebagai Upaya Meningkatkan Kecerdasan Pada Pendidikan Emosional Anak Usia Dini. (Studi Kasus Anak Usia Dini Pada Play Group Insan Kamil Malang) Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. S. Mundzir M. Pd (II) Drs. Ahmad Mutadzakir M. Pd Kata Kunci Pembiasaan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini Berbagai penelitian terhadap psikologi anak membuktikan bahwa anak-anak dengan kecerdasan emosional yang tinggi mampu mengontrol emosinya serta memiliki kecerdasan emosi yang positif. Sehingga mereka lebih bahagia percaya diri serta mampu menjalin hubungan yang manis dengan orang lain. Anak yang lahir ke dunia sangat rentan dengan berbagai masalah. Baginya sesuatu yang bertentangan dengan kemauannya adalah masalah baru. Masalah ini akan berkaitan dengan gangguan pada proses perkembangannya. Bila gangguan tersebut tidak segera diatasi maka akan berlanjut pada fase perkembangan berikutnya yaitu fase anak sekolah. Akhirnya gangguan tersebut dapat menghambat proses perkembangan anak yang optimal maka pembiasaan merupakan bagian penting dimana anak mula-mula mengembangkan keterampilan hidupnya. Peran Orangtua dan gurulah untuk mengembangkan pembiasaan berperilaku sesuai yang dikendaki melalui contoh dan tindakan. Play Group Insan Kamil adalah salah satu lembaga pendidikan untuk anak usiadini di Malang. Play Group ini menerapkan pembiasaan diri pada proses pembelajaran untuk anak-anak. Pembiasaan diri seperti membiasakan anak untuk menaati peraturan sekolah membiasakan anak untuk berbuat baik mandiri meminta maaf ketika salah serta teratur untuk beribadah sebelum memulai kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan pembiasaan diri yang diterapkan oleh Play Group Insan Kamil pada anak didik. Penelitian ini mengunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan rancangan studi kasus. Informan penelitian ini adalah guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data display data serta pengambilan keputusan dan verifikasi. Penelitian ini dilakukan dengan pengecekan keabsahan data perpanjangan kehadiran peneliti ketekunan pengamatan serta triangulasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dalam Pembiasaan diri yang dilakukan oleh Play Group Insan Kamil Malang menggunakan metode dan materi pembelajaran yang dirancang berdasarkan kebutuhan anak. Faktor dari keluarga dan non keluarga juga ikut menentukan kecerdasan emosional anak. Hasil peningkatan kecerdasan emosi Azam dan Ken pun mulai menunjukkan perkembangan yang signifikan. Mereka yang awalnya selalu membuat onar serta berkelakuan kurang baik sedikit demi sedikit mulai berubah menjadi lebih baik dan mandiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5008

Actions (login required)

View Item View Item