Pengembangan pembelajaran meroda menggunakan alat bantu dengan part-whole method pada siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Malang / Angga Bramansta Putrantana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pembelajaran meroda menggunakan alat bantu dengan part-whole method pada siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Malang / Angga Bramansta Putrantana

Putrantana, Angga Bramansta (2015) Pengembangan pembelajaran meroda menggunakan alat bantu dengan part-whole method pada siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Malang / Angga Bramansta Putrantana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Putrantana Angga B. 2014. Pengembangan Pembelajaran Meroda Menggunakan Alat bantu dengan Part-Whole Method pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Heru Widijoto M.S. (II) Drs. Tatok Sugiarto S.Pd. M.Pd. Kata Kunci pengembangan pembelajaran pembelajaran motorik meroda part-whole method. Meroda adalah suatu gerakan ke samping pada satu saat bertumpu atas kedua tangan dengan kaki terbuka lebar/kangkang. Gerakan ini menirukan gerakan roda yang berputar. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengembangkan pembelajaran meroda menggunakan alat bantu dengan part-whole method pada siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Malang agar guru pendidikan jasmani dan kesehatan lebih mudah dalam mengajarkan materi senam lantai khususnya meroda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan research and development Borg and Gall. Dari sepuluh langkah pengembangan yang dikemukakan oleh Borg and Gall namun peneliti tidak menggunakan keseluruhan tetapi hanya menggunakan 7 langkah yang meliputi (1) pengumpulan informasi (2) rancangan produk awal (3) evaluasi ahli (4) uji coba tahap I (5) revisi produk (6) uji coba tahap II (7) revisi dan produk akhir. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari uji coba kelompok kecil adalah 89 17% hasilnya sangat valid sedangkan uji coba kelompok besar adalah 96 04% hasilnya sangat valid dengan demikian dapat disimpulkan bahwa aktivitas meroda menggunakan alat bantu dengan part-whole method pada SMP Negeri 18 Malang dapat digunakan. Hasil produk pengembangan pembelajaran meroda menggunakan alat bantu dengan part-whole method antara lain (1) aktivitas meroda menggunakan alat bantu dengan part-whole method ini membuat siswa menjadi senang dan antusias dalam mengikuti pembelajaran meroda (2) siswa lebih mudah dalam belajar senam lantai gerakan meroda (3) alat yang digunakan dalam proses pembelajaran ini aman dan menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50075

Actions (login required)

View Item View Item