Pengembangan pembelajaran gerak dasar melalui permainan sirkuit sehat cerdas berkarakter pada siswa kelas 1 SDN Bangah Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo / Sischa Mega Indriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pembelajaran gerak dasar melalui permainan sirkuit sehat cerdas berkarakter pada siswa kelas 1 SDN Bangah Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo / Sischa Mega Indriani

Indriani, Sischa Mega (2015) Pengembangan pembelajaran gerak dasar melalui permainan sirkuit sehat cerdas berkarakter pada siswa kelas 1 SDN Bangah Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo / Sischa Mega Indriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Indriani Sischa Mega. 2014. Pengembangan Pembelajaran Gerak Dasar Melalui Permainan Sirkuit Sehat Cerdas Berkarakter pada Siswa Kelas 1 SDN Bangah Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Eko Hariyanto M.Pd. (II) Drs. Mulyani Surendra M.S. Kata Kunci pengembangan pembelajaran gerak dasar permainan 12288 12288 12288 12288 Aktivitas gerak harus dikembangkan sejak dini karena gerak merupakan salah satu faktor yang terpenting bagi perkembangan manusia. Berdasarkan hasil hasil analisis kebutuhan yang dilakukan oleh peneliti di SDN Bangah Kec Gedangan Kab Sidoarjo melalui pengisian angket yang diberikan kepada orangtua siswa kelas I yang berjumlah 42 siswa diketahui bahwa 92% orangtua menyatakan perlu jenis-jenis permainan untuk mengembangkan gerak dasar jalan lari dan lompat. Sedangkan hasil analisis kebutuhan kepada guru pendidikan jasmani dapat disimpulkan bahwa guru belum pernah menerapkan sirkuit dalam pembelajaran pendidikan jasmani dan guru menjawab bahwa model permainan sirkuit dibutuhkan dalam pembelajaran pendidikan jasmani. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan pembelajaran gerak dasar melalui permainan sirkuit Sehat Cerdas Berkarakter pada siswa kelas 1 SDN Bangah Kec Gedangan Kab Sidoarjo. Diharapkan dapat memfasilitasi kebutuhan anak dengan media sederhana dan dapat merangsang terjadinya pembentukan karakter siswa. 12288 12288 12288 12288 Dalam penelitian ini peneliti mengacu pada model pengembangan dari Borg and Gall (1983 775) langkah-langkah tersebut adalah (1) melakukan analisis kebutuhan (2) mengembangkan produk awal (3) evaluasi ahli (4) uji coba kelompok kecil (5) revisi produk (6) uji coba kelompok besar (7) revisi produk berdasarkan uji coba lapangan. Produk yang dihasilkan adalah media pembelajaran gerak dasar melalui permainan sirkuit sehat cerdas berkarakter pada siswa kelas 1 SD yang dikemas dalam bentuk buku yang terdiri dari 4 macam permainan. Dalam produk pengembangan ini terdiri dari a) Konsep b) Pelaksanaan Permainan c) Langkah-langkah Pembelajaran 12288 12288 12288 12288 Produk pengembangan ini melalui beberapa tahap yaitu justifikasi ahli dan uji coba kelompok. Dari beberapa tahap tersebut media pembelajaran gerak dasar melalui permainan sirkuit sehat cerdas berkarakter pada siswa kelas 1 SD dapat disimpulkan bahwa diperoleh hasil 75-100% dari ahli pembelajaran diperoleh hasil 75-100% dari ahli permainan diperoleh hasil 75-100% dari ahli media diperoleh hasil 87 5-100% dari uji coba kelompok kecil dan diperoleh hasil 87 5-100% dari uji coba kelompok besar sehingga produk pengembangan layak untuk digunakan. Hasil pengembangan ini hanya sampai tersusun sebuah produk belum sampai pada tingkat efektivitas produk yang dikembangkan jadi sebaiknya dilanjutkan pada penelitian mengenai efektivitas produk yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/50072

Actions (login required)

View Item View Item